Pengembangan Multimedia interaktif subtema sumber energi siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang / Muhammad Fahmi Saifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia interaktif subtema sumber energi siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang / Muhammad Fahmi Saifudin

Saifudin, Muhammad Fahmi (2020) Pengembangan Multimedia interaktif subtema sumber energi siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang / Muhammad Fahmi Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saifudin Muhammad Fahmi 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Subtema Sumber Energi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Sumber Energi Multimedia merupakan bentuk dari beberapa media yang digabungkan yaitu teks gambar animasi dan video. Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang mengandung unsur interaktifitas dimana terjadinya timbal balik antara media dan pengguna serta pengguna berhak atas kontrol dari multimedia tersebut sehingga memungkinkan untuk diakses secara berulang-ulang. Dengan potensi dan karakteristiknya multimedia interaktif dapat mengatasi tidak tercapainya tujuan pembelajaran dengan tingkat pemahaman siswa yang rendahdan variasi dalam hal media pembelajaran. Tujuan Pengembangan ini adalah menghasilkan produk aplikasi multimedia interaktif yang digunakan pada materi subtema sumber energi. Peneltian ini berfokus menghasilkan multimedia pembelajaran yang menarik serta untuk meningkatkan pemahaman materi subtema sumber energi dan tercapainya tujuan pembelajaran di SD Negeri Loworwaru IV Kota Malang. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran mobile learning menggunakan model Sadiman (2014) dengan delapan tahapan yaitu (1) menganalisis kebutuhan karakteristik sasaran (2) menyusun tujuan pembelajaran (instructional objective) (3) mengembangkan butir materi (4) merumuskan instrumen penilaian produk media (5) menulis storyboard media (6) mengadakan tes (validasi ahli dan uji coba) (7) revisi dan (8) produk akhir. Hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli media hasil keseluruhan yaitu sebesar 93.75% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan yaitu sebesar 93.75% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya hasil uji coba pada siswa kelas IV SDN 1 Lowokwaru IV diperoleh hasil keseluruhan 100% yang berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test siswa terdapat peningkatan nilai sebesar 100% yang berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan media mobile learning berbasis smartphone termasuk dalam kriteria yang efektif saat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran untuk penelitian lebih lanjut diharapkan mampu membuat aplikasi yang lebih menarik siswa dengan materi yang lebih lengkap agar siswa termotivasi dalam menguasai materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122099

Actions (login required)

View Item View Item