Pengembangan media video pembelajaran gaya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas 4 di SDN Lowokwaru 4 Malang / Muhammad Faisal Arif

Arif, Muhammad Faisal (2019) Pengembangan media video pembelajaran gaya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas 4 di SDN Lowokwaru 4 Malang / Muhammad Faisal Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arif, M. Faisal .2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Gaya pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas IV di SDN Lowokwaru 4 Malang. Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd (II) Eka Pramono Adi, S.I.P, M.Si Kata kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Gaya. Media dapat diartikan sebagai suatu perantara atau penyampai pesan antara komunikator (penyampai pesan) dan komunikan (penerima pesan) yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan media dalam konteks pendidikan adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Media video merupakan media pembelajaran yang menggunakan atau memanfaatkan perangkat komputer. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk media video pembelajaran Gaya yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri Lowokwaru 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman, langkah-langkah pengembangan yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan materi, pengembangan alat evaluasi, menyusun naskah, produksi, tes/ uji coba, revisi, produk siap dimanfaatkan. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IVB SDN Lowokwaru 4 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan siswa). Video Pembelajaran divalidasi oleh seorang ahli media, seorang ahli materi, dan diujicobakan kepada 27 siswa, 2 siswa uji coba perorangan, 7 siswa uji coba kelompok kecil, 18 siswa uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar dilaksanakan oleh 27 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh hasil persentase 91%, hasil angket ahli materi diperoleh hasil persentase 88%, dari uji coba perseorangan didapat hasil persentase sebesar 84.8%, dari ujicoba kelompok kecil didapat hasil persentase 89.7%, dan dari uji coba kelompok besar didapat hasil persentase 91.55%. Pada tes hasil belajar, 23 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 4 siswa lainya belum mencapai KKM, kriteria ketuntasan minimal di mata pelajaran ini adalah 75, hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran klasikal dan menunjukkan bahwa video pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Gaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa video pembelajaran ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efisien serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122087

Actions (login required)

View Item View Item