Pengembangan game educative follow dots untuk pembelajaran matematika kelas 2 di SDN Karangbesuki Malang / Muhammad Syaifudin Muchlas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game educative follow dots untuk pembelajaran matematika kelas 2 di SDN Karangbesuki Malang / Muhammad Syaifudin Muchlas

Muchlas, Muhammad Syaifudin (2019) Pengembangan game educative follow dots untuk pembelajaran matematika kelas 2 di SDN Karangbesuki Malang / Muhammad Syaifudin Muchlas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muchlas Muhammad Syaifudin. 2019. Pengembangan Game Edukatif Follow Dots pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 di SDN 1 Karangbesuki Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd (II) Dr. Agus Wedi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci teknologi permainan bangun ruang sederhana pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi ada beberapa macam media yang digunakan. Salah satunya merupakan multimedia yang merupakan kombinasi komponen multimedia atau beberapa jenis media yang meliputi suara animasi teks grafis dan video. Banyak cara utuk melakukan proses pembelajaran. Salah satunya menggunakan permainan dot to dot (menghubungkan titik) permainan yang dapat mengkoordinasikan antara mata dengan tangan dalam menghubungkan titik titik yang akan membentuk suatu pola gambar atau huruf. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif Follow Dots berbentuk permainan khususnya tentang matematika bangun ruang sederhana untuk kelas 2 SDN 1 Karangbesuki Malang. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari model pengembangan Lee Owens meliputi identifikasi penilaian tahap desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil validasi multimedia kemerdekaan Indonesia adalah ahli media mendapatkan skor sebesar 80% ahli materi mendapatkan skor sebesar 77 5% dan audiens dari uji perorangan (tiga orang) sebesar 93% uji coba kelompok kecil (lima orang) sebesar 94% dan uji coba lapangan (20 orang) sebesar 94 4%. Hal ini menunjukan multimedia follow dots dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia ini dinyatakan efektif dengan tes hasil belajar siswa yang memenuhi KKM ( 8805 70) pada uji coba perseorangan hasil skor rata-rata pre-test sebesar 60% meningkat sebesar 80% pada post-test. pada uji coba kelompok kecil hasil skor rata-rata pre-test sebesar 62% meni-ngkat sebesar 80% pada post-test. pada uji coba lapangan hasil skor rata-rata pre-test sebesar 67% meningkat sebesar 83 5% pada post-test. Saran yang diberikan peneliti yaitu (1) untuk sekolah pengembangan ini juga untuk menambah jumlah media pembelajaran yang terdapat di sekolah agar lebih efektif dan efisien (2) untuk guru diharapkan membimbing dan mengarahkan siswa untuk membaca buku petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar mempermudah dalam proses pembelajaran matematika sehingga mengurangi kendala yang akan terjadi pada proses pembelajaran (3) untuk siswa diharapkan dapat mengoperasikan multimedia untuk memudahkan proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122085

Actions (login required)

View Item View Item