Perbedaan prestasi kebahasajermanan mahasiswa angkatan 2006 masukan jalur PMDK dan masukan jalur SNMPTN Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhammad Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi kebahasajermanan mahasiswa angkatan 2006 masukan jalur PMDK dan masukan jalur SNMPTN Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhammad Yusuf

Muhammad (2010) Perbedaan prestasi kebahasajermanan mahasiswa angkatan 2006 masukan jalur PMDK dan masukan jalur SNMPTN Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhammad Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusuf Muhammad. Perbedaan Prestasi Kebahasajermanan Mahasiswa Angkatan 2006 Masukan Jalur PMDK dan Masukan Jalur SNMPTN Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rosyidah M.Pd (II) Edy Hidayat S.Pd M.Hum Kata kunci Prestasi belajar Bahasa Jerman PMDK SNMPTN Penyelenggaraan pendidikan tinggi diawali dengan adanya penerimaan mahasiswa baru di setiap universitas salah satunya Universitas Negeri Malang. Terdapat dua macam jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yakni melalui jalur PMDK dan SNMPTN. PMDK adalah sistem penerimaan mahasiswa baru tanpa tes dengan berdasarkan prestasi yang diperoleh ketika masih berada di bangku Sekolah Menengah Atas sedangkan seleksi SNMPTN melalui ujian nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Peneliti tertarik untuk meneliti perbedaan prestasi kebahasajermanan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi antara mahasiswa masukan jalur PMDK dan SNMPTN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi kebahasajermanan antara mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2006 masukan jalur PMDK dengan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2006 masukan jalur SNMPTN Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling yang dilakukan dengan cara mengambil seluruh subyek dari populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2006 masukan jalur SNMPTN reguler dan PMDK reguler yang telah menempuh mata kuliah ketrampilan berbahasa Jerman yang berjumlah 31 mahasiswa. Data diperoleh dari penghitungan IPK pada mata kuliah ketrampilan berbahasa Jerman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dengan menggunakan instrumen berupa tabel pedoman dokumentasi. Untuk analisis data statistik peneliti menggunakan ANAVA dengan bantuan program SPSS 15 0 for Windows. Dari hasil penelitian diketahui bahwa prestasi belajar kebahasajermanan mahasiswa masukan jalur PMDK tergolong cukup baik. Dari penghitungan IPK rata-rata mahasiswa yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa taraf penguasaan materi mahasiswa angkatan 2006 masukan jalur PMDK adalah 66%-70% dengan memperoleh nilai B- yang berarti cukup baik. Adapun taraf penguasaan mahasiswa masukan jalur SNMPTN adalah 71%-76% apabila diklasifikasikan dalam nilai huruf adalah nilai B yang dapat diartikan baik. Perbedaan prestasi mahasiswa dapat diketahui setelah dianalisis dengan statistik ANAVA. Dari hasil perhitungan diketahui tingkat probabilitas sebesar 0 449 dan menghasilkan F hitung sebesar 0 590 sedangkan nilai F tabel adalah 4 183. Dengan kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua rata-rata populasi adalah identik karena nilai signifikansi 0 05 dan F hitung F tabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi kebahasajermanan yang signifikan antara mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2006 masukan jalur PMDK dengan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2006 masukan jalur SNMPTN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item View Item