Penggunaan teknik bercerita dalam pelajaran bahasa Jerman di kelas XII Bahasa SMAN I Lawang / Eunike Adjiputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan teknik bercerita dalam pelajaran bahasa Jerman di kelas XII Bahasa SMAN I Lawang / Eunike Adjiputri

Eunike (2010) Penggunaan teknik bercerita dalam pelajaran bahasa Jerman di kelas XII Bahasa SMAN I Lawang / Eunike Adjiputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pengajaran bahasa Jerman diperlukan teknik pengajaran yang dapat memudahkan siswa untuk belajar dan juga membuat siswa tertarik terhadap pelajaran. Salah satu teknik pengajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa Jerman adalah teknik bercerita. Teknik bercerita adalah seni penggunaan bahasa penggunaan bunyi atau vokal dan atau pergerakan fisik dan sikap untuk menyampaikan sebuah kejadian atau cerita secara spesifik kepada pendengar langsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana langkah-langkah kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik bercerita untuk siswa SMAN 1 Lawang dalam mempelajari bahasa Jerman dengan tema pekerjaan (2) dan bagaimana pengaruh penggunaan teknik bercerita terhadap minat siswa kelas XII Bahasa SMAN 1 Lawang pada pelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik bercerita dan mengetahui pengaruh penggunaan teknik bercerita terhadap minat siswa kelas XII Bahasa SMAN 1 Lawang pada pelajaran Bahasa Jerman. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XII Bahasa SMAN 1 Lawang. Data instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara terstruktur angket respon siswa dan hasil tes siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik bercerita merupakan salah satu teknik pengajaran yang dapat digunakan agar siswa lebih dapat memahami ujaran secara lisan dalam bahasa Jerman. Dengan teknik tersebut proses belajar mengajar lebih menyenangkan sehingga rata-rata nilai prestasi siswa pada tiap pertemuan terus meningkat. Pada pertemuan pertama nilai rata-rata siswa adalah 55 8 pada pertemuan kedua mengalami kenaikan 13 8 poin menjadi 69 6 dan pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan 18 5 poin menjadi 88 1. Selain itu dari hasil angket respon siswa dapat diketahui bahwa teknik bercerita dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik terhadap pelajaran bahasa Jerman. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat menggunakan teknik pengajaran yang lebih bervariatif untuk pengajaran bahasa Jerman dan menggunakan penelitian ini sebagai dasar penelitian selanjutnya. Selain itu penggunaan media visual juga membantu pada saat menyampaikan cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item