Kepribadian tokoh utama dalam novel "Lea? Nein Danke!" karya Friederike Wilhelmi dengan pendekatan psikoanalisis / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2019) Kepribadian tokoh utama dalam novel "Lea? Nein Danke!" karya Friederike Wilhelmi dengan pendekatan psikoanalisis / Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khasanah, Uswatun. 2018. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel ÔÇ£Lea? Nein Danke!ÔÇØ karya Friederike Wilhelmi dengan pendekatan Psikoanalisis. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata Kunci: psikoanalisis, kepribadian, novel Lea? Nein danke! Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur kepribadian yang terdapat pada tokoh utama Julia dalam novel Lea Nein danke! sesuai dengan teori yang digunakan oleh Sigmund Freud yaitu: (1) struktur kepribadian (2), dinamika kepribadian dan (3) perkembangan kepribadian. Penelitian ini menggunakan teori Sigmund Freud, dengan sumber data yang diambil dari novel Lea? Nein danke! karya Friederike Wilhelmi yang diterbitkan oleh Hueber Verlag, Ismaining dengan ISBN 978-3-19-201672-1 (dengan CD). Data diperoleh dengan teknik baca dan catat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa dialog tokoh, monolog tokoh, dan narasi yang memunculkan struktur psikologi yang sesuai dengan teori Sigmund Freud yakni id, ego, dan superego. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan menganalisis novel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan antara id, ego, dan superego yaitu: (1) struktur kepribadian tokoh utama Julia terdiri dari id, ego, dan superego, (2) dinamika kepribadian yang muncul dalam diri Julia pada novel Lea? Nein danke! yaitu berupa naluri, insting mati, kecemasan realistik, dan kecemasan neurotik, dan (3) perkembangan kepribadian yang muncul dalam diri Julia, yaitu represi, pengalihan, dan rasionalisasi. Melalui penelitian ini, penulis berharap pembaca dapat lebih mengenal dan memahami analisis suatu karya sastra melalui segi psikoanalisis, khususnya dengan menggunakan teori Sigmund Freud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item