Penerapan teknik pembelajaran fisch angeln untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Cicilia Cahyaningrum

Cahyaningrum, Cicilia (2019) Penerapan teknik pembelajaran fisch angeln untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Cicilia Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Cahyaningrum, Cicilia. 2018. Penerapan Teknik Pembelajaran Fish Angeln untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sawitri Retnantiti, M.Pd Kata Kunci: Teknik Pembelajaran, Fisch angeln, keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, dijumpai adanya kendala yang dihadapi siswa dalam keterampilan berbicara. Kendala yang dihadapi siswa dalam hal berlatih berbicara yakni, penggunaan grammatik dan pelafalan siswa yang kurang tepat dalam mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Jerman. Oleh karena itu penerapan teknik pembelajaran Fisch angeln diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif teknik pembelajaran, yang dapat diterapkan untuk melatih keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran Fisch angeln untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa sekolah SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas X IBB 1 yang berjumlah 21 siswa dan seorang guru bahasa Jerman SMA Lab UM. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan beberapa siswa dan hasil observasi oleh observer. Data dari penelitian ini kemudian diolah menggunakan teknik analisis data observasi, dan teknik analisis data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran ini membuat siswa aktif dan besemangat selama pembelajaran. Setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk berlatih berbicara. Walaupun masih dijumpai siswa masih melakukan kesalahan dalam mengkonjugasikan kata kerja, namun pada akhir kegiatan pembelajaran seluruh siswa mampu menjawab pertanyaan evaluasi dengan tepat. Berdasarkan hal tersebut, teknik pembelajaran Fisch angeln dapat dijadikan sebagai salah satu teknik pembelajaran dalam melatih keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item