Lernmotivation der Deutschstudenten mit dem distanztandem an der Staatlichen Universitat Malang / Ainur Rosyidah

Rosyidah, Ainur (2019) Lernmotivation der Deutschstudenten mit dem distanztandem an der Staatlichen Universitat Malang / Ainur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rosyidah, Ainur. 2018. Motivasi Belajar Mahasiswa Bahasa Jerman dengan Distanztandem di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakutas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd. Kata Kunci: motivasi belajar, Distanztandem, keterampilan, menulis Motivasi berperan penting dalam keberhasilan belajar bahasa Jerman. Di sisi lain, kurangnya motivasi merupakan hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa dan mendeskripsikan pengaruh Distanztandem pada keterampilan menulis mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner berisi pertanyaan mengenai motivasi belajar, Distanztandem, dan kemampuan menulis serta dokumentasi dari nilai dan tugas keterampilan menulis mahasiswa di perkuliahan Deutsch auf dem Niveau B2. Sampel penelitian ini adalah 62 mahasiswa angkatan 2016 prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang yang mengikuti perkuliahan Deutsch auf dem Niveau B2. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2016 yang mengikuti perkuliahan Deutsch auf dem Niveau B2 cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari keinginan mahasiswa meningkatkan kemampuan bahasa Jerman yang kuat dan usaha mahasiswa belajar di luar perkuliahan. Namun, terdapat beberapa aspek motivasi yang belum terpenuhi, yakni kurangnya pandangan positif terhadap bahasa Jerman, kepercayaan diri, masukan dari pengajar, dan penggunaan bahasa Jerman yang cenderung pasif. Distanztandem dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut serta meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenai karakter dan kebudayaan masyarakat Jerman dan membiasakan diri terhadap komunikasi dengan penutur asing. Partner Distanztandem juga dapat mengoreksi kesalahan penulisan dan gramatik mahasiswa. Akan tetapi, Distanztandem belum dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa secara optimal karena frekuensi komunikasi antara mahasiswa dengan penutur asli rendah, durasi perkenalan pendek, dan media komunikasi kurang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item