Pengembangan media pembelajaran smartquiz untuk pembelajaran Deutsche semantik mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Bitsyi Naviri Ismaniar

Ismaniar, Bitsyi Naviri (2018) Pengembangan media pembelajaran smartquiz untuk pembelajaran Deutsche semantik mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Bitsyi Naviri Ismaniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ismaniar, Bitsyi Naviri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran SmartQuiz untuk Pembelajaran Deutsche Semantik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakutas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, SmartQuiz, Deutsche Semantik Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran SmartQuiz yang dapat digunakan mahasiswa untuk membantu pemahaman dalam matakuliah Deutsche Semantik. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi hipernim, hiponim, dan kohiponim. Proses penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan memodifikasi teori pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba produk awal; (5) penyempurnaan produk awal; (6) uji coba produk yang telah disempurnakan; (7) penyempurnaan produk dan pengujian produk; dan (8) produk akhir. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari angket yang disebar kepada validator dan lembar observasi uji coba. Berdasarkan analisis data, media pembelajaran SmartQuiz layak digunakan sebagai media pendukung mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Univrsitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah Deutsche Semantik. Selain itu, media pembelajaran SmartQuiz ini dapat menarik minat belajar mahasiswa serta dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan mempelajari materi terkait materi hipernim, hiponim, dan kohiponim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12149

Actions (login required)

View Item View Item