Menulis haiku pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Batu untuk pembelajaran karya sastra dengan tema Familie / Rosmarida Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Menulis haiku pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Batu untuk pembelajaran karya sastra dengan tema Familie / Rosmarida Novianti

Novianti, Rosmarida (2018) Menulis haiku pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Batu untuk pembelajaran karya sastra dengan tema Familie / Rosmarida Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novianti Rosmarida. 2018. Menulis Haiku pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 1 Batu untuk Pembelajaran Karya Sastra dengan Tema Familie. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. Kata Kunci menulis puisi Haiku pembelajaran karya sastra Guru dapat menggunakan berbagai variasi pembelajaran dalam menyampaikan materi karya sastra kepada siswa pada saat proses pembelajaran. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan teknik menulis Haiku. Haiku adalah puisi terpendek di dunia yang berasal dari Jepang hanya terdiri dari tiga baris dan tersusun dari tujuh belas suku kata dengan susunan 5-7-5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan respons siswa dalam menulis Haiku untuk pembelajaran karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data utama dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar dan respons siswa. Data kedua adalah Haiku yang ditulis oleh siswa. Sumber data utama pada penelitian ini diperoleh dari kegiatan proses belajar mengajar dan hasil wawancara kepada siswa. Sumber data kedua pada penelitian ini adalah lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu menulis puisi Haiku dengan tepat berdasarkan struktur penulisan Haiku. Menulis kreatif dengan meggunakan Haiku merupakan hal yang baru dan menarik bagi siswa untuk belajar karya sastra. Selain itu metode pembelajaran dengan menulis Haiku juga dapat melatih kemampuan menulis siswa serta dapat menambah kosakata baru untuk siswa. Tidak hanya itu siswa juga mendapat pengetahuan baru tentang macam-macam teknik menulis kreatif setelah belajar menulis Haiku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12148

Actions (login required)

View Item View Item