Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Iva Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Iva Agustin

Agustin, Iva (2020) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Iva Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Iva. 2020. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SDN Percobaan 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi Sy S.Pd. M.Pd. Pada era perkembangan digital yang sangat cepat ini penurunan moralitas masih menjadi persoalan bangsa. Moralitas mengalami penurunan menyangkut persoalan kejujuran kebenaran dan keadilan. Berdasarkan data yang peneliti peroleh pada saat kegiatan Kajian Praktik Lapangan di salah satu Sekolah Dasar di Kota Malang bahwa sebagian besar peserta didik berbicara kurang sopan terhadap guru pengajarnya berbicara kasar kepada teman sebayanya membentuk kelompok antar teman sehingga teman lain merasa dikucilkan. Padahal pada tahun 2009 saat peneliti menuntut ilmu pada tingkat Sekolah Dasar rasa sopan santun tanggung jawab serta semangat belajarnya merupakan tujuan utama peserta didik bersekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yang ada di SDN Percobaan 2 Kota Malang. Budaya sekolah meliputi kegiatan rutin kegiatan spontan dan kegiatan terprogram. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik di SDN Percobaan 2 Kota Malang. Hasil penelitian ini adalah (1) implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah melalui pembiasaan (2) kegiatan pembiasaan yang dilakukan sekolah ada tiga yaitu kegiatan rutin spontan dan terprogram (3) nilai-nilai karakter yang tampak pada peserta didik melalui kegiatan pembiasaan ada lima yaitu nilai religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Saran dari peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah diperlukan adanya koordinasi guru dengan orang tua agar pelaksanaan kegiatan pembiasaan seperti kegiatan rutin spontan dan terprogram yang membangun nilai karakter baik peserta didik bisa berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121454

Actions (login required)

View Item View Item