Pangestu, Kinanti (2020) Analisis kesiapan calon guru sekolah dasar dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 (studi kasus pada mahasiswa PGSD Universitas Negeri Malang) / Kinanti Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era revolusi industri 4.0 merupakan era dimana teknologi digital dan kecerdasan buatan berkembang pesat. Hal ini merupakan tantangan bagi segala sektor tak terkecuali sektor pendidikan. Melalui pencetusan roadmap (peta jalan) Making Indonesia 4.0 Pemerintah Indonesia membuat strategi-strategi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu calon guru harus mempunyai kompetensi yang sesuai dengan harapan dan tujuan Making Indonesia 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan calon guru berdasarkan 5 kompetensi diantaranya educational competence competence for technological commercialization competence of globalization competence in the future strategies dan counselor competence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data dari penelitian ini yaitu adalah mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Malang kampus 2 yang berjumlah 5 mahasiswa dari masing-masing kelas. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen wawancara dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data yakni menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari 5 subyek calon guru yang ditinjau dari lima aspek yaitu 1) Educational Competence 2) Competence for Technological Commercialization 3) Competence of Globalization 4) Competence in the Future Strategies dan 5) Counselor Competence didapati hasil beragam setiap aspeknya. Pada aspek educational competence didapati hasil baik dari kelima subyek penelitian sebagai calon guru SD. Sedangkan pada aspek competence for technological commercialization dan competence in the future strategies didapati hasil kurang. Pada aspek competence of globalization diperoleh hasil kurang maksimal dan pada aspek counselor competence didapati hasil baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/121446 |
Actions (login required)
View Item |