Pengembangan alat evaluasi melalui aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri kelas iv MI Roudlotun Nasyi'in / Rinda Wahyu Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat evaluasi melalui aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri kelas iv MI Roudlotun Nasyi'in / Rinda Wahyu Hidayah

Hidayah, Rinda Wahyu (2020) Pengembangan alat evaluasi melalui aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri kelas iv MI Roudlotun Nasyi'in / Rinda Wahyu Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah Rinda Wahyu.2020. Pengembangan Alat Evaluasi Melalui Aplikasi Kahoot Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV MI Roudlotun Nasyi rsquo in. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. (II) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata kunci alat evaluasi aplikasi kahoot IPS sumber daya alam. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan kelas IV MI.Roudlotun Nasyi rsquo in Pucungsari diketahui bahwa falisitas wifi yang ada disekolah belum dimanfaatkan untuk evaluasi pembelajaran belum adanya alat evaluasi melalui aplikasi kahoot pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam sedangkan siswa diketahui siswa dapat mengoperasikan handphone dan ingin alat evaluasi dibuat berbeda. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan alat evaluasi aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam tema dengan Penguatan Karakter Mandiri kelas IV MI.RN yang valid menurut ahli materi ahli media serta praktis bagi guru dan siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Langkah-langkah penelitian meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba revisi produk uji coba pemakaian revisi produk produksi masal. Namun dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya penelitian ini hanya sampai langkah ke sembilan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV MI.RN Pucungsari sebagai subjek uji coba produk pengembangan. Hasil penelitian ini yaitu (1) alat evaluasi melalui aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam tema dengan Penguatan Karakter Mandiri kelas IV. (2) Hasil validasi pertama dari ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 65% diinterpretasikan kurang valid dengan keputusan uji boleh digunakan dengan revisi besar dan hasil validasi keduadari ahli materi memperoleh 93 33% dapat diinterprestasikan dengan kategori sangat valid dan keputusan uji dapat digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebasar 100% dapat diinterprestasikan dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan. Hasil validasi dari pengguna memperoleh persentase kelayakan sebesar 97 5% dapat diinterprestasikan dengan predikat sangat praktis. Hasil kepraktisan siswa memperoleh persentase 94% dapat diinterprestasikan dengan predikat sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi melalui aplikasi kahoot layak digunakan dan dapat menguatkan karakter mandiri pada siswa. Melalui pengembangan alat evaluasi ini guru diharapkan dapat membuat alat evaluasi melalui aplikasi kahoot pada muatan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121429

Actions (login required)

View Item View Item