Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN Gadungan Wates Kabupaten Kediri / Firmanda Anta Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN Gadungan Wates Kabupaten Kediri / Firmanda Anta Prayoga

Prayoga, Firmanda Anta (2020) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN Gadungan Wates Kabupaten Kediri / Firmanda Anta Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi saat proses pembelajaran Alam (IPA) diketahui bahwa sebagian siswa hanya mendengarkan saja. Siswa kurang berpartisipasi aktif dikarenakan belum diberikan pengalaman secara langsung Sehingga kemampuan berpikir siswa kurang ada79% dari 33 siswa belum memenuhi Kriteria Kemampuan Minimal (KKM). Berdasarkan masalah yang telah diungkapkan di atas perlu diterapkan model discovery learning mampu membuat siswa akif secara fisik dan intelektual pada proses pembelajaran untuk membangun pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar dengan penguatan karakter rasa ingin tahu model discovery learning. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dilaksananakan dengan pendekatan kualitiatif. Penelitian dilaksananakan selama 2 siklus dengan tahapan masing masing siklus adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui kegiatan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan penguatan karakter rasa ingin tahu dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa. Persentase aktivitas guru di siklus 1 83% dengan kriteria baik pada siklus 2 meningkat menjadi 97% dengan kriteria sangat baik. Presentase aktivitas siswa di siklus 1 81% dengan kriteria baik pada siklus 2 meningkat menjadi 97% dengan kriteria sangat baik. Terdapat peningkatan pada ketuntasan belajar klasikal aspek pengetahuan siklus 1 72% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 95% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan klasikal sikap rasa ingin tahu pada siswa juga terjadi peningkatan siklus 1 56 8% dengan kriteria sangat kurang dan meningkat di siklus 2 menjadi 95% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan model discovery learning dengan penguatan karakter rasa ingin tahu telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gadungan Wates Kabupaten Kediri. Guru perlu menggunakan model pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dan antusias serta mampu menumbuhakan rasa ingin tahu dan mempertimbangkan waktu pelaksanaan model discovery learning karena membutuhkan waktu lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121424

Actions (login required)

View Item View Item