Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi 3D pageflip professional dengan penguatan karakter cinta tanah air pada tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SDN Blitar / Vivi Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi 3D pageflip professional dengan penguatan karakter cinta tanah air pada tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SDN Blitar / Vivi Novitasari

Novitasari, Vivi (2020) Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi 3D pageflip professional dengan penguatan karakter cinta tanah air pada tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SDN Blitar / Vivi Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar adalah sebuah sarana yang berisi tentang materi pembelajaran metode batasan-batasan dan cara mengevaluasi untuk mencapai tujuan pembelajaran indikator dan kompetensi dasar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Kota Blitar diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan adalah buku tematik Kemendikbud dan buku lembar kegiatan siswa. Di SDN Kota Blitar telah ada Lab Komputer dan LCD namun belum tersedia Wireless Fidelity (WiFi) sehingga guru membutuhkan bahan ajar yang dapat dilengkapi gambar video dan audio pada tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan. Sejarah kemerdekaan Indonesia penting dipahami peserta didik untuk menumbuhkan karakter cinta Tanah Air yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan E-Modul dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada Tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada kelas V Sekolah Dasar yang valid menurut ahli dan praktis untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air. E-Modul yang dikembangkan dilengkapi dengan gambar dan video. E-modul juga dilengkapi dengan Buku petunjuk penggunaan untuk memudahkan pengguna menggunakan E-Modul. E-modul memuat pelajaran Bahasa Indonesia PPKN IPS dan IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg amp Gall. Prosedur pelaksanaan pengembangan yang telah dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) membuat produk (4) Validasi produk (5) revisi produk 1 (6) uji coba produk (7) revisi produk 2 (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk 3. Hasil penilaian E-Modul menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional menunjukkan bahwa E-Modul layak digunakan. Persentase hasil penilaian ahli materi sebesar 93% ahli bahasa 87 5% ahli bahan ajar 92% guru sebagai pengguna sebesar 96% dan 100%.Kemudian hasil kepraktisan e-modul pada uji coba produk diperoleh persentase sebesar 100% dan pada uji coba pemakaian dengan persentase sebesar 97 5%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar. Sebaiknya pengembangan E-Modul menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional tidak hanya dikembangkan pada tema 7 subtema peristiwa mengisi kemerdekaan melainkan pada tema yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121408

Actions (login required)

View Item View Item