Probematika pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu / Eva Septiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Probematika pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu / Eva Septiana Dewi

Dewi, Eva Septiana (2020) Probematika pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu / Eva Septiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Eva Septiana. 2020. Problematika Pembelajaran Matematika Materi FPB dan KPK di Kelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd (2) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci problematika pembelajaran matematika materi FPB dan KPK. Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran masih berpusat pada guru proses pembelajaran berkelompok belum maksimal peserta didik kurang menguasai perkalian dan sulit membedakan soal cerita antara soal FPB dan KPK. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan problematika perencanaan pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dikelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu (2) mendeskripsikan problematika pelaksanaan pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dikelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu (3) mendeskripsikan problematika evaluasi pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dikelas IV SDN Pandanrejo 02 Batu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang nantinya akan membuat deskripsi-deskripsi yang dapat memberikan gambaran mengenai problematika pembelajaran materi FPB dan KPK. Data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif analisis dengan menggunakan metode reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Selain menganalisis data peneliti juga menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika materi FPB dan KPK SDN Pandanrejo 02 belum berjalan dengan maksimal. Problematika dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran yaitu (a) guru tidak mengembangkan materi pelajaran (b) metode pembelajaran kurang bervariasi (c) kurang penggunaan media/alat pembelajaran (d) guru tidak menerapkan model pembelajaran. Kedua dari aspek pelaksanaan yang meliputi (a) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran (b) peserta didik tidak menguasai perkalian dan pembagian (c) kesulitan memahami soal cerita (d) pengelolaan kelas kurang maksimal (e) kurangnya minat dan motivasi peserta didik (f) kurang antusias dan keaktifan peserta didik. Ketiga dari aspek penilaian/evaluasi yaitu guru hanya menggunakan penilaian sikap dan pengetahuan saja dimana untuk penilaian pengetahuan guru hanya menggunakan penilaian tes tulis dan penilaian sikap guru hanya menilai peserta didik yang bermasalah saja. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran serta menjadi referensi bagi mahasiswa untuk membahas kajian penelitian tentang problematika pembelajaran matematika materi FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121398

Actions (login required)

View Item View Item