Kesalahan pengembangan indikator pencapaian kompetensi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nikita Maya Robiatul Adawiyah

Adawiyah, Nikita Maya Robiatul (2018) Kesalahan pengembangan indikator pencapaian kompetensi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nikita Maya Robiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Adawiyah, Nikita Maya Robiatul. 2018. Kesalahan Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kesalahan, pengembangan indikator, rencana pelaksanaan pembelajaran Indikator pencapaian kompetensi merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Indikator menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang mengacu pada penilaian mata pelajaran. Pengembangan indikator harus tepat, agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan pengembangan indikator pencapaian kompetensi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah RPP dari 51 mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang Angkatan 2014 yang telah menempuh matakuliah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Jerman dan mahasiswa yang paling banyak melakukan kesalahan dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan yang dihasilkan dari pengembangan indikator pencapaian kompetensi dalam RPP mahasiswa dan hasil wawancara dengan mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar dokumentasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi. Bentuk kesalahan tersebut adalah kesalahan pemilihan kata kerja operasional, kesesuaian kata kerja operasional dengan kompetensi dasar, pencantuman materi pada indikator pencapaian kompetensi, dan kesesuaian materi dengan kompetensi dasar. Faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan adalah kesulitan dalam memahami kompetensi dasar, kesulitan menentukan kata kerja operasional yang sesuai dengan materi, dan kesulitan menyesuaikan kata kerja operasional dengan kompetensi dasar. Faktor penyebab kesalahan lainnya adalah mahasiswa tidak menguasai kata kerja operasional sesuai dengan tingkatan kompetensi dan kurangnya latihan untuk mengembangkan indikator pencapaian kompetensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item