Studi penerapan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Kotalama 2 Malang / Faizal Akbar Rafsanjani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penerapan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Kotalama 2 Malang / Faizal Akbar Rafsanjani

Rafsanjani, Faizal Akbar (2020) Studi penerapan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Kotalama 2 Malang / Faizal Akbar Rafsanjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif menjadi aspek yang fundamental dalam membantu siswa menciptakan ide baru berdasar pengetahuan yang sudah dimiliki. Hal tersebut berupaya untuk mengakhiri permasalahan dari pandangan segar dan solutif. Tetapi berpikir kreatif masih belum menjadi fokus penekanan dalam proses belajar pada pendidikan formal. Mata pelajaran matematika mempunyai potensi sebagai solusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara kreatif di pendidikan sekolah dasar. Temuan peneliti di SDN Kotalama 2 menunjukkan terdapat permasalahan pada pemecahan soal matematika di kelas V. Jenis soal yang dapat memberi jawaban banyak cara sehingga memunculkan potensi dalam berpikir kreatif memecahkan masalah adalah soal open ended. Penelitian ini menguji kemampuan berpikir kreatif dengan memberikan soal open ended pada materi jaring-jaring bangun ruang sisi datar di kelas V. Tujuan penelitian untuk (a) mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V dengan pemberian soal close ended (b) mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V dengan pemberian soal open ended dan (c) mengetahui efek pemberian soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen nyata (true experiment reseach) desain posttest only control group design. Kelas kontrol dengan soal close ended sedangkan kelas eksperimen dengan soal open ended. Sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa kelas kontrol dan 28 siswa kelas eksperimen. Instrumen berupa tes soal uraian. Uji instrumen menggunakan uji validitas uji reliabilitas daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Uji analisis menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji validitas kepada ahli materi diperoleh kevalidan soal open ended mencapai 4 5 dari 5 nilai maksimal. Uji reliabilitas memperoleh hasil koefisien korelasi 0 510 dengan tingkat reliabilitas sedang. Uji daya pembeda diperoleh soal nomor 2 dan 3 dengan hasil kurang baik soal nomor 1 4 dan 5 dengan cukup baik. Uji tingkat kesukaran diperoleh soal nomor 1 2 3 dan 5 dengan tingkat kesukaran mudah sedangkan soal nomor 4 dengan tingkat kesukaran sedang. Uji normalitas diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0 2 dimana data terdistribusi normal. Uji homogenitas data diperoleh sig.(tailed) 0 124 dimana data seragam. Uji hipotesis diperoleh t hitung t tabel (2 699 2 004) dan signifikansi pada (2-tailed) 0 009 0 05. Berdasarkan hasil dapat tersimpulkan terdapat perbedaan signifikan pada pemberian soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Kotalama 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121366

Actions (login required)

View Item View Item