Pengembangan media puzzle berbasis audio visual dengan penguatan karakter toleransi pada subtema "Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku" di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar / Eko Anis Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media puzzle berbasis audio visual dengan penguatan karakter toleransi pada subtema "Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku" di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar / Eko Anis Setyorini

Setyorini, Eko Anis (2020) Pengembangan media puzzle berbasis audio visual dengan penguatan karakter toleransi pada subtema "Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku" di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar / Eko Anis Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyorini Eko Anis. 2020. Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual Dengan Penguatan Karakter Toleransi Pada Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku di Kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan KependidikanSekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Bintartik M. Pd (2) Drs. Sumanto M. Pd Kata Kunci puzzleberbasisaudio visual keragaman toleransi Media puzzleberbasisaudio visualmerupakan media bernuansapermainan yang memuatmateridalambentukaudio visualdenganmelakukanscan barcode pada media. Media puzzleberbasisaudio visualdikembangkansebagaialternatifpemecahanmasalahyaitubelumtersedianya media belajar yang sesuaidenganmateridanuntukmemanfaatkanfasilitaspembelajaran yang sudahtersedia di sekolah missal layarproyektor layarLCD laptop dan lab komputer. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmengujikevalidandankepraktisan media puzzleberbasisaudio visualpadasubtema IndahnyaPersatuandanKesatuanNegeriku di kelas IV SDNKauman 1 Kota Blitar.Pengembangan media puzzleberbasisaudio visual menggunakanmetodepenelitiandanpengembanganatauResearch and Development (R D). Terdapatsembilanlangkahpenelitiandanpengembanganyaitumeliputi (1) potensidanmasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasiproduk (5) revisiproduk (6) ujicobaproduk (7) revisiproduk (8) ujicobapemakaian dan (9) revisiproduk. Subjekpenelitiandanpengembanganadalahsiswakelas IV SDNkauman 1 Kota Blitar. Data yang dianalisisberupa data kualitatifdankauntitatif. Data kuantitatifdiperolehdarihasil 1) validitasprodukolehahlimateridanahli media 2) kepraktisanoleh guru sebagaipengguna dan 3) kemenarikanprodukolehsiswa. Sedangkan data kualitatifberupakomentardan saran yang diberikanolehahlimateri ahli media guru dansiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa media puzzle berbasis audio visual layakdigunakan. Validasiprodukmenurutahlimaterimemperoleh 100% ahlidiperolehhasilvalidasidengankriteriasangat valid. Ahli materisebesar100% danahli media sebesar 85%. Sehinggadiperoleh rata-rata validitas 92 5% yang berartiproduksangat valid. Kemudiankepraktisanprodukmencapai 95% berartisangatpraktismenurut guru sebagaipengguna. Serta kemenarikanmencapai 92 5% berartiproduksangatmenarikmenurutsiswa.Berdasarkanhasilvalidasi para ahlidanhasiujicobadiperolehkesimpulanbahwa media puzzleberbasisaudio visual Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual DenganPenguatanKarakterToleransiPadaSubtema IndahnyaPersatuandanKesatuanNegeriku Di Kelas IV SDNKauman 1 Kota BlitarEkoAnisSetyorini S1Pendidikan Guru SekolahDasardenganpenguatankaraktertoleransipadasubtema IndahnyaPersatuandanKesatuan di kelas IVsangat valid menarik danpraktisuntukdigunakandalampembelajaran. Sebaiknyapengembangan media puzzleberbasisaudio visual tidakhanyadikembangkanpadasubtema IndahnyaPersatuandanKesatuan melainkanpadasubtema yang lainnya juga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121361

Actions (login required)

View Item View Item