Analisis hidden curriculum di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nidia Rizqi Oktaputriviant - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hidden curriculum di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nidia Rizqi Oktaputriviant

Oktaputriviant, Nidia Rizki (2018) Analisis hidden curriculum di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nidia Rizqi Oktaputriviant. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktaputriviant Nidia Rizqi. 2018. Analisis Hidden Curriculum di Jurusan Sastra Jerman. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana Hermilia Wijayati M.Pd. Kata kunci Kurikulum Hidden Curriculum Stres Akademik Pelaksanaan pembelajaran saat ini tidak hanya memerhatikan kurikulum formal namun pembelajaran sikap yang diwujudkan dalam segala pengalaman pembelajar juga menjadi aspek penting demi tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri. Termasuk dalam pembelajaran di perguruan tinggi hidden curriculum memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lulusan sarjana yang memenuhi standar kelulusan nasional yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Pengalaman yang dialami mahasiswa tersebut kemudian diteliti dan disimpulkan bahwa ada beberapa perubahan yang disebabkan oleh pengalaman yang dialami mahasiswa selama kegiatan pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan hidden curriculum di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dan peran hidden curriculum terhadap stres akademik mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah hidden curriculum di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang diwujudkan dengan pembelajaran sikap yang diterapkan di dalam kelas. Selain pembelajaran sikap fasilitas perkuliahan dan interaksi yang dilakukan oleh mahasiswa juga termasuk ke dalam hidden curriculum. Interaksi yang baik antar mahasiswa dapat membantu mahasiswa menuntaskan tugas yang sulit. Interaksi yang baik dengan dosen dan tenaga kependidikan dapat membuat mahasiswa bersemangat untuk mengikuti perkuliahan. Hidden curriculum tersebut mampu membantu mahasiswa mengatasi stres akademik yang dialami mahasiswa. Kemandirian dan tanggung jawab mahasiswa adalah faktor yang membantu mahasiswa mengatasi tekanan stres akademik. Dengan demikian implementasi hidden curriculum menjadi faktor penting dalam mengatasi stres akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item