Penerapan metode pembelajaran berbasis permainan "zip-zap" dalam keterampilan berbicara berbahasa Jerman siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Yeni Purwandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran berbasis permainan "zip-zap" dalam keterampilan berbicara berbahasa Jerman siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Yeni Purwandari

Purwandari, Yeni (2018) Penerapan metode pembelajaran berbasis permainan "zip-zap" dalam keterampilan berbicara berbahasa Jerman siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Yeni Purwandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Purwandari Yeni. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan Zip-Zap dalam Keterampilan Berbicara Berbahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci Zip-Zap metode pembelajaran keterampilan berbicara Metode pembelajaran berbasis permainan Zip- Zap merupakan metode yang bisa diterapkan oleh guru sebagai variasi kegiatan pembelajaran Redemittel. Zip- Zap merupakan permainan sederhana yang digunakan sebagai cara untuk melatih dan mempraktikkan ungkapan sehari- hari sesuai tema dalam berbicara bahasa Jerman pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran berbasis permainan Zip-Zap dalam keterampilan berbicara berbahasa Jerman. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi dan pedoman wawancara. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan beberapa siswa dan hasil observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat pada kegiatan pembelajaran. Permainan yang dilakukan membuat siswa yang pada awalnya pasif dalam berbicara menjadi lebih percaya diri untuk berbicara dan lebih berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut Zip-Zap dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran berbasis permainan yang digunakan untuk pendalaman materi ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item