Perilaku menyimpang pada siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto / Andra Ena Fitri Mega Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku menyimpang pada siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto / Andra Ena Fitri Mega Ramadani

Ramadani, Andra Ena Fitri Mega (2020) Perilaku menyimpang pada siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto / Andra Ena Fitri Mega Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis perilaku menyimpang dan faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya perilaku menyimpang pada siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis perilaku menyimpang pada siswa kelas V SDN Punggul Mojokerto antara lain regresi (mengigit kuku) hiperaktif (sering banyak bicara kurang kontrol sosial dan suka mencari perhatian guru) keagresifan sosial (mengejek teman dengan sebutan orang tua mengejek orang tua dengan panggilan tidak pantas berkata kasar berkata kotor menendang mendorong memukul kepala dengan buku menempeleng kepala menampar memukul pantat wanita menyembur teman membanting botol teman melempar barang memukul kepala dengan tempat pensil memukul badan memukul kepala dengan tangan memukul dengan bola mendorong kepala menarik rambut (menjambak) menarik telinga (menjewer) mencubit melempar batu dan menampar) melanggar aturan sekolah (tidak memakai dasi tidak memakai hasduk tidak memakai sabuk baju keluar duduk di meja bangku memakai vapor menggunakan pomade saat jam pelajaran berlangsung menyisir rambut saat jam pelajaran berlangsung bermain sepak bola di dalam kelas tidur saat jam pelajaran dan makan saat jam pelajaran) suka berbohong bermalas-malasan (sering keluar kelas saat jam pelajaran tidak memperhatikan guru dan sering bermain sendiri saat jam pelajaran). Faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya perilaku menyimpang pada siswa kelas V antara lain faktor lingkungan sekolah (kepekaan guru terhadap tindakan perilaku menyimpang masih rendah pembiaran kelas yang kosong pengaruh dari teman sebaya tingkat kecerdasan pada anak usia anak jenis kelamin anak dan ikatan sosial yang terjalin di sekolah) faktor lingkungan keluarga dan masyarakat (keluarga atau pola asuh orang tua dan rumah yang berdekatan (tetangga) dan faktor perkembangan globalisasii Perilaku menyimpang yang terjadi di institusi pendidikan diharapkan adanya pelatihan dan seminar terkait perilaku menyimpang untuk seluruh komponen pendidikan baik kepala sekolah guru maupun orang tua siswa sehingga pemahaman mengenai perilaku menyimpang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121309

Actions (login required)

View Item View Item