Analisis Implementasi program adiwiyata dalam bentuk perilaku peduli lingkungan di SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Setiajeng Rahma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Implementasi program adiwiyata dalam bentuk perilaku peduli lingkungan di SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Setiajeng Rahma Putri

Putri, Setiajeng Rahma (2020) Analisis Implementasi program adiwiyata dalam bentuk perilaku peduli lingkungan di SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Setiajeng Rahma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Setiajeng Rahma. 2020. Analisis Impementasi Program Adiwiyata dalam Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Skripsi prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd Kata Kunci Program Adiwiyata Perilaku Peduli Lingkungan Sekolah Dasar Program Adiwiyata merupakan suatu program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah yang berbudaya lingkungan akan mendorong terbentuknya perilaku peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi program Adiwiyata (2) perilaku peduli lingkungan siswa (3) hambatan implementasi program Adiwiyata dalam membentuk perilaku peduli lingkungan (4) solusi untuk mengatasi hambatan implementasi program Adiwiyata dalam membentuk perilaku peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Adiwiyata dalam membentuk perilaku peduli lingkungan sudah terlaksana dengan baik terbukti dengan terpenuhinya empat komponen program Adiwiyata yang berpedoman pada Permen LH No 5 Tahun 2013 dan terbentuknya perilaku siswa. Implementasi program Adiwiyata telah berhasil membentuk perilaku siswa yang baik pada siswa kelas III dan V terhadap lingkungan sekitar yang berupa tindakan menjaga dan membersihkan lingkungan. Hal ini terbukti siswa telah tertib dan disiplin serta tumbuh budaya positif dalam menyikapi lingkungan yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam program Adiwiyta. Hambatan yang ditemui yaitu banyaknya siswa dan kurangnya komunikasi dengan wali murid. Solusi yang dapat diberikan yaitu kepala sekolah dan guru harus memberikan stimulus berupa teguran motivasi serta reward agar perilaku siswa dapat terbentuk serta menjalin komunikasi dengan wali murid lebih ditekankan dengan mengadakan musyawarah satu bulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian dengan adanya kegiatan-kegiatan lingkungan dapat membentuk perilaku peduli lingkungan oleh karena itu saran yang dapat diberikan yaitu sekolah dapat mengadakan kegiatan-kegiatan lingkungan seperti kegiatan lomba merawat tanaman asuh. Saran yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya yaitu peneliti dapat melakukan penelitian kepada subjek penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/121303

Actions (login required)

View Item View Item