Kesalahan penggunaan verba werden dalam karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Dika Puspita Kurniawati

Kurniawati, Dika Puspita (2018) Kesalahan penggunaan verba werden dalam karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Dika Puspita Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawati, Dika Puspita. 2018. Kesalahan Penggunaan Verba Werden dalam Karangan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. Kata Kunci: kesalahan penggunaan, verba werden, karangan mahasiswa Bahasa Jerman memiliki gramatika yang kompleks. Mahasiswa Universitas Negeri Malang mempelajari gramatika bahasa Jerman secara khusus pada matakuliah Strukturund Wortschatz. Setelah itu mahasiswa menerapkan gramatika yang sudah dipelajari ke dalam bentuk karangan pada matakuliah Aufsatz. Perbedaan gramatika bahasa Jerman dengan gramatika bahasa Indonesia membuat mahasiswa sering melakukan kesalahan. Salah satu kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah kesalahan penggunaan verba werden. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis kesalahan penggunaan verba werden dalam karangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penggunaan verba werden dalam karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2016 pada matakuliah Aufsatz II dan faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2016 offering A, B, C dan hasil angket. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan verba werden. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti. Peneliti juga menggunakan tabel dokumentasi dan angket sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa masih ada mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menggunakan verba werden. Kesalahan tersebut, adalah: (1) kesalahan werden als Modalverb im Futur, (2) kesalahan werden als Konjunktiv I, (3) kesalahan werden als Konjunktiv II, (4) kesalahan werden alsHilfsverb im Passiv, dan (5) kesalahan werden als Vollverb. Hasil analisis data yang diperoleh dari angket menunjukkan lima faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan, yaitu (1) merasa bingung menentukan arti werden dalam kalimat, (2) merasa bingung membedakan Tempus dari werden, (3) merasa bingung menempatkan werden dalam kalimat, (4) tertukarnya dengan Modalverb wollen, (5) tertukarnya werden dalam struktur kalimat Futur dan Passiv. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa hendaknya mempelajari kembali materi tentang tata bahasa yang berhubungan dengan verba werden dan sering berlatih. Dosen matakuliah Struktur und Wortschatz hendaknya memberikan penjelasan tentang penggunaan verba werden melalui beberapa contoh kalimat sehingga mahasiswa dapat lebih paham tentang penggunaan verba werden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item