Pengembangan media pembelajaran bongkar pasang dengan tema Kleidung und Wetter untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Kepanjen / Adistira Ratu Maharta

Maharta, Adistira Ratu (2018) Pengembangan media pembelajaran bongkar pasang dengan tema Kleidung und Wetter untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Kepanjen / Adistira Ratu Maharta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maharta, Adistira Ratu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Bongkar Pasang dengan Tema Kleidung und Wetter untuk Melatih Keterampilan Menulis Siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A. Kata kunci: media pembelajaran, bongkar pasang, keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran bongkar pasang untuk melatih keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Jerman. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan permainan bongkar pasang dengan tema Kleidung und Wetter yang membahas tentang jenis pakaian yang biasa digunakan oleh masyarakat Jerman dan musim yang terjadi di Jerman. Bongkar pasang ini dibagi menjadi empat paket yaitu Herbst, Winter, Fr??hling, dan Sommer. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Media bongkar pasang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba telah dilakukan pada 20 siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Kepanjen yang diamati oleh tiga observer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media bongkar pasang ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menyampaikan materi. Observer juga menyatakan bahwa siswa sangat antusias mendalami materi melalui media bongkar pasang ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12125

Actions (login required)

View Item View Item