Pengembangan media kartu Spitte! Untuk keterampilan berbicara Bahasa Jerman pada Niveau A1 di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Shinta Alanmianti

Alanmianti, Shinta (2018) Pengembangan media kartu Spitte! Untuk keterampilan berbicara Bahasa Jerman pada Niveau A1 di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Shinta Alanmianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alanmianti, Shinta. 2018. Pengembangan Media Kartu Spitte! untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman pada Niveau A1 di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media pembelajaran, kartu Spitte!, keterampilan berbicara Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa kartu ÔÇ£Spitte!ÔÇØ yang digunakan untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman pada Niveau A1. Kartu ÔÇ£Spitte!ÔÇØ ini mengangkat tema Kleidung und Wetter yang dilengkapi dengan kosakata dan ungkapan komunikatif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi dari empat langkah menjadi tiga langkah saja. Langkah yang digunakan dari model pengembangan ini adalah define, design, dan develop. Media yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta telah diujicobakan pada 20 orang mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah Deutsch II. Berdasarkan hasil angket dari ahli materi dan ahli media, media kartu ÔÇ£Spitte!ÔÇØ dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Jerman dengan beberapa revisi. Berdasarkan hasil observasi, media ini dapat menjadi salah satu sumber belajar untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item View Item