Pengembangan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu untuk pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X Lintas Minat Bahasa Jerman / Muhammad Zulfikri Zuhdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu untuk pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X Lintas Minat Bahasa Jerman / Muhammad Zulfikri Zuhdi

Zuhdi, Muhammad Zulfikri (2018) Pengembangan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu untuk pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X Lintas Minat Bahasa Jerman / Muhammad Zulfikri Zuhdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zuhdi Muhammad Zulfikri. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Media Lagu Untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas X Lintas Minat Bahasa Jerman. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci model pembelajaran keterampilan menulis media lagu bahasa Jerman Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terhadap beberapa siswa kelas X lintas minat bahasa Jerman yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis. Salah satu faktor yang diduga sebagai penyebab adalah model dan media pembelajaran yang belum maksimal memberikan stimulus kepada siswa. Oleh karena itu peneliti mengembangkan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu yang dapat menjadi solusi bagi siswa dalam pembelajaran menulis. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall yaitu Research and Development. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dari ahli model pembelajaran ahli materi ahli media serta siswa. Data dianalisis menggunakan teknik persentase kemudian dipaparkan secara deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 lintas minat bahasa Jerman SMA Brawijaya Smart School. Dari hasil analisis diperoleh angka validitas 82 14% dari ahli model pembelajaran 92 86% dari ahli media dari ahli materi 75% dan angket siswa 88 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menulis berbasis media lagu layak digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran bahasa Jerman kelas X. Berdasarkan pengembangan ini disarankan agar guru bahasa Jerman dapat menggunakan model pembelajaran keterampilan menulis berbasis media lagu sebagai salah satu untuk model pembelajaran di kelas. Selain itu siswa disarankan menggunakan media ini secara mandiri dalam pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item