Pengembangan bahan ajar e-learning sebagai penunjang mata pelajaran bahasa Jerman kelas 11 SMA / Kurnia Suci Hastin Awiyatni

Awiyatni, Kurnia Suci Hastin (2018) Pengembangan bahan ajar e-learning sebagai penunjang mata pelajaran bahasa Jerman kelas 11 SMA / Kurnia Suci Hastin Awiyatni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Awiyatni, KurniaSuci H. 2018.PengembanganBahan Ajar E-Learning sebagaiPenunjang Mata PelajaranBahasaJermanKelas 11 SMA.Skripsi, JurusanSastraJerman, FakultasSastra, UniversitasNegeriMalang.Pembimbing: Dr. PrimardianaHermiliaWijayati, M.Pd. Kata kunci: Bahan ajar, e-learning, pembelajaranmandiri Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning serta menyediakan bahan ajar untuk siswa kelas 11 SMA.Bahan ajar ini menyediakan materi untuk tema Familie dan Beruf yang ada pada pembahasan materi kelas 11 SMA.Bahan ajar ini dilengkapi dengan tugas berupa kuis interaktif yang dapat membuat siswa tidak jenuh saat mengerjakan soal latihan.Selain kuis interaktif, dalam bahan ajar juga disertakan link video yang dapat membantu siswa memahami materi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Multimedia Packages dari Ghislandi.Bahan ajar e-learning ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan telah dilakukan uji coba produk pada 23 siswa SMAN 1 Malang kelas 11 SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif deskriptif. Bahan ajar e-learning yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar ini mudah untuk diakses, diunduh, serta digunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu bahan ajar e-learning ini memiliki materi yang mudah dipahami, sesuai dengan level siswa, dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri di luar jam pelajaran, menarik secara visual sehingga dapat memicu siswa untuk mempelajari bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

View Item View Item