Strategi berbicara mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Konversation II / Winedar Rachman Ahaddimyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi berbicara mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Konversation II / Winedar Rachman Ahaddimyati

Ahaddimyati, Winedar Rachman (2018) Strategi berbicara mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Konversation II / Winedar Rachman Ahaddimyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ahaddimyati Winedar Rachman. 2017. Strategi Belajar Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Konversation II. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M. Pd. Kata Kunci berbicara strategi berbicara Konversation II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi berbicara yang digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman pada matakuliah Konversation II. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi langsung dan strategi tidak langsung dalam keterampilan berbicara yang digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah informasi mengenai strategi langsung dan tidak langsung dalam keterampilan berbicara yang digunakan oleh mahasiswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Angkatan 2014 offering B yang berjumlah 21 orang. Data tersebut diambil menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrument kunci sedangkan instrument penunjangnya berupa pedoman wawancara lembar observasi dan kamera. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dalam keterampilan berbicara menggunakan strategi berbicara yang bervariasi. Strategi-strategi tersebut tergolong dalam strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi langsung yang digunakan yaitu (a) meletakkan kata-kata baru ke dalam konteks (b) menggunakan struktur gramatik dengan hati-hati (c) praktek berbicara (d) menggunakan berbagai sumber untuk memperoleh informasi (e) menggunakan bantuan kamus online (f) membuat catatan (g) mengatasi keterbatasan dalam berbicara dengan berpindah ke bahasa ibu / bahasa Indonesia (h) menggunakan mimik/gesture dan (i) menggunakan kata yang bersifat umum/sinonim. Sedangkan strategi tidak langsung yang digunakan yaitu (a) menyusun dan merencanakan pembelajaran di luar kelas (b) mencari kesempatan untuk praktek (c) mengevaluasi diri sendiri dengan menggunakan Quiz online (d) menurunkan kegelisahan dengan menggunakan relaksasi dan (e) menggunakan humor saat berbicara (f) bertanya (g) melakukan kerjasama kelompok (h) bekerjasama dengan menggunakan bahasa Jerman serta (i) mengembangkan pemahaman budaya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berbicara mahasiswa tidak hanya mengutamakan aspek kognitif saja melainkan mahasiswa juga memperhatikan aspek afektif yang berkaitan dengan kegiatan spiritual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item