Izzati, Aulia Al Tsani (2020) Analisis pembelajaran matematika berorientasi higher order thinking skill kelas IV di SDN Polehan 3 Malang / Aulia Al Tsani Izzati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pendidikan nasional di lapangan yakni menjawab tantangan abad 21. Upaya pemerintah menjawab tantangan abad 21 dengan pembelajaran abad 21. Dalam hal ini HOTS termasuk dalam kerangka kerja kemampuan siswa di pembelajaran abad 21. HOTS juga dapat dibuktikan dengan hasil PISA 2018 dan TIMSS 2015 yang menyatakan kemampuan siswa di matematika rendah. HOTS dapat didefinisikan sebagai transfer of knowledge critical and creative thinking and problem solving. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran matematika kelas IV di SDN Polehan 3 Malang (1) RPP HOTS yang dikembangkan guru 2) pelaksanaan pembelajaran HOTS dan 3) penilaian pembelajaran HOTS. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengeksplor fenomena proses pembelajaran matematika yang berorientasi HOTS melalui perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di SDN Polehan 3 Malang. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumen. Analisis data bersifat induktif analitik karena data yang diperoleh berupa kalimat verbal dan kata-kata serta dokumen. Hasil penelitian ditemukan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan guru di kelas IV SDN Polehan 3 Malang telah menampakkan HOTS yng ditandai dengan tujuan pembelajaran mengevaluasi (C5) sebanyak 33 33% yang disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK) menerapkan (C3) menggunakan metode problem solving dan mengedepankan active dan scientific learning. (2) Pelaksanaan pembelajaran berorientasi HOTS di kelas IV SDN Polehan 3 Malang digambarkan dengan mengedepankan strategi diskusi pertanyaan level tingi serta pembelajaran yang interaktif dan aktif. (3) Penilaian pembelajaran berorientasi HOTS di kelas IV SDN Polehan 3 Malang direncanakan dengan bentuk soal beragam meskipun dalam prosesnya banyak menggunakan bentuk soal uraian dan membentuk klasifikasi kemampuan siswa sebagai tindak lanjut dari penilaian. Saran terhadap penelitian (1) RPP ini sudah mengacu pada esensi kurikulum 2013 tapi belum banyak memunculkan indikator HOTS yang ditandai dengan selisih level dimensi kognitif rendah (C1-C3) dengan level tinggi (C4-C6) besar. (2) Bagi peneliti yang akan melakukan perlu mengusahakan RPP yang sama dengan saat pelaksanaan pembelajaran dan mendapatkan soal serta dokumen lain yang mendukung dengan format langsung dari guru serta mohon mempertajam cara berpikir siswa dengan dialog dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/121115 |
Actions (login required)
View Item |