Penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya sastra siswa kelas XI Bahasa, sastra dan Budaya Umum (BSBU) SMA Negeri 6 Malang / Fransiska Ryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya sastra siswa kelas XI Bahasa, sastra dan Budaya Umum (BSBU) SMA Negeri 6 Malang / Fransiska Ryani

Ryani, Fransiska (2018) Penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya sastra siswa kelas XI Bahasa, sastra dan Budaya Umum (BSBU) SMA Negeri 6 Malang / Fransiska Ryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ryani Fransiska. 2017. Penerapan Teknik Akrostik Dalam Pembelajaran Karya Sastra Siswa Kelas XI Bahasa Sastra Dan Budaya Umum (BSBU) SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M. Pd. Kata Kunci Keterampilan Menulis Pembelajaran Karya Sastra Teknik Pembelajaran Akrostik Pembelajaran karya sastra merupakan pembelajaran yang baru tercantum dalam kurikulum 2013. Dalam penelitian ini pembelajaran karya sastra difokuskan pada menulis puisi dengan menggunakan teknik Akrostik. Teknik Akrostik merupakan salah satu teknik menulis dengan menggunakan nama benda atau nama orang yang diletakkan secara vertikal dan membentuk kata atau kalimat baru. Tujuan pembelajaran karya sastra ini mencakup Kompetensi Dasar 3.5 dan 4. 5 dalam Silabus Bahasa Jerman kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya sastra mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah siswa mampu menulis puisi akrostik sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun terdapat kekurangan yang ditemukan yaitu kosakata bahasa Jerman yang dimiliki siswa masih di tingkat dasar. Teknik akrostik dapat memotivasi dan mempermudah siswa dalam menulis puisi serta melatih kemampuan siswa dalam mengingat kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item