Penerapan permainan bingo+ untuk keterampilan berbicara siswa kelas XII IPS Lintas Minat Jerman SMAN 5 Malang / Wahyu Esthi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan bingo+ untuk keterampilan berbicara siswa kelas XII IPS Lintas Minat Jerman SMAN 5 Malang / Wahyu Esthi Rahmawati

Rahmawati, Wahyu Esthi (2018) Penerapan permainan bingo+ untuk keterampilan berbicara siswa kelas XII IPS Lintas Minat Jerman SMAN 5 Malang / Wahyu Esthi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahmawati Wahyu Esthi. 2017. Penerapan Permainan Bingo untuk Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lilis Afifah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran permainan Bingo keterampilan berbicara Media pembelajaran menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Seorang pendidik memiliki peran penting dalam pemilihan media tersebut. Media yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai. Bingo merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis permainan. Permainan ini melatih keterampilan berbicara serta pemahaman gramatika peserta didik mengenai preposisi. Dalam penerapannya peserta didik harus saling bertanya dan menjawab sesuai dengan kata yang telah dituliskan di setiap kotak Bingo serta dengan menggunakan preposisi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media permainan Bingo serta mengetahui respon peserta didik kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman SMA Negeri 5 Malang terhadap permainan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. 15 orang peserta didik kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman menjadi sumber data dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan Bingo di kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman berjalan lancar. Bingo dapat meningkatkan keaktifan serta motivasi belajar peserta didik. Respon yang diberikan peserta didik juga cukup baik. Mereka dapat mengikuti permainan dengan baik dan sesuai aturan. Permainan ini membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari serta mempraktikkannya secara langsung. Berdasarkan hal tersebut Bingo menjadi salah satu alternatif media pembelajaran berbasis permainan yang dapat digunakan untuk penyampaian serta pendalaman materi ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item