Pengembangan media infografis dalam pembelajaran landeskunde tema reisen / Tia Usmaniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media infografis dalam pembelajaran landeskunde tema reisen / Tia Usmaniah

Usmaniah, Tia (2017) Pengembangan media infografis dalam pembelajaran landeskunde tema reisen / Tia Usmaniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Usmaniah Tia. 2017. Pengembangan Media Infografis dalam Pembelajaran Landeskunde Tema Reisen. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Iwa Sobara S.Pd. M.A. Kata kunci pengembangan media pembelajaran infografis Landeskunde Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk infografis sebagai penunjang pembelajaran Landeskunde. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Sugiyono serta Borg Gall yang telah dimodifikasi oleh pengembang. Prosedur pengembangan dilakukan dalam tujuh tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba pemakaian dan (7) penyempurnaan produk akhir. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah tiga desain infografis dengan tema pariwisata. Ketiga infografis tersebut meliputi (1) Deutschland auf einen Blick (2) Magische St dte Deutschlands dan (3) 5 Top Reiseziele in Deutschland. Media infografis dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak CorelDRAW dan Adobe Illustrator serta dicetak menggunakan kertas Art Paper 260 gram yang berukuran A2. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket yang disebar kepada validator dan subjek uji coba lapangan. Validator terdiri dari ahli media dan ahli materi. Sementara itu subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas XII BSBU SMAN 6 Malang yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan analisis data media infografis mendapat penilaian sebesar 87 5% dari ahli media 89 2% dari ahli materi dan 86 7% dari subjek uji coba. Rata-rata persentase data keseluruhan yang diperoleh adalah 87 8%. Dengan demikian media infografis dapat digunakan sebagai media penunjang dalam pembelajaran Landeskunde untuk tema Reisen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item