Kusrini, Neli (2010) Efektifitas pembelajaran dengan modul matematika kelas v di SD Laboratorium UM oleh Neli Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Inti kegiatanp ernbelajaraand alaht erjadinyap rosesb elajarp adad iri siswa. Persoalarmyaad alahb agaimanam enciptakans ituasi dan kondisi belajar anak agar dapat berkernbangs ecarao ptimal sesuaid engank emampt ony ang dirniliki siswa. Dalamm engoptimalkanp roses pembelajarant ersebut masih terdapat hambatanhambatayna ng dapat mengakibatkand iperolehnyah asil belajar siswa yang rendah. Salah satu Alternatif pemecahan masalah belajar yang dapat diterapkan oleh yaitu pembelajaran dengan modul seperti yang telah dilaksanakan di LaboratoriuUmM . Penelitianin i bertujuanu ntukm enganalisi(sl ) perbedaahna silb clajara ntara siswak elompok atas dengan kelompok bawah pada pembelajarand enganm odul (2) perbedaanh asil belajar antara siswa kelompok atas pada pembelajaranm odul dengank elompoka tasp adap embelajaratna npam odul ( 3) perbedaanh asil belajar antaras iswak elompokb awahp ada pembelajaramn odul dengank elompokb awah padap embelajaratna npa modul (4) perbedaanh asil belajar antaras iswa pada pembelajaramn oduld enganh asilb elajars iswap adap embelajaratna npam odul. Penelitiani ni merupakanp enelitiane ksperfuneyna ng membandingkahna sil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah diberikan perlakuan benrpa pembelajaradne nganb idang studi matematika.H ipotesisy ang diajukan terdiri dari hipotesisa khir dan hipotesisa wal. Hipotesis akhir yaitu ada perbedaany ang sipifikan terhadap hasil belajar siswa antara pembelajaran modul dengan pembelajaratann par nodul y augd apatd ijabarkans ebagabi erikut ( l) Ada perbedaan yang sigrifikan terhadap hasil belajar antara kelompok atas dengan kelompok bawah padap embelajaradne nganm odul ( 2) Ada perbedaayna ng sigrrifikante rhadaph asil belajara ntarak elornpoka tas pada pernbelajaranm odul dengank elornpoka tas pada pernbelajaratann pam odul ( 3) Ada perbedaanya ng signifikmt erhaclahpa silb elajar antarak elompok bawah pada pembelajaranm odul dengank elompok bawah pada pembelajaratann pam odul ( 4) Ada perbedaayna ng signifikantc rhadaph asilb olajar siswaa ntarap embelajaramn oduld engans iswap adap embelajaratna npam odul. Sedangkanh ipotesisa wal yaitu (l) Tidak ada perbedaanh asil belajar antara kelompoka tasd engank elompokb awahp adap embelajaradne nganm odul ( 2) Tidak adap erbedaanh asil belaiara nlarak elompoka tasp adap embelaiaramn oduld engan kelompoka tasp adap embelajaratna npam odul ( 3) Tidaka dap erbedaahna silb elajar antarak elompokb awahp ada pembela.jaramno dul dengank elompokb awahp ada gufu SD pembelajaratann pam odul (4) Tidak ada perbedaant erhadaph asil belajar siswa antarp a e mbelajarmano duld enganp embelajaratna npam odul Subjei penelitiani ni adalahs iswa kelas V-A SD LaboratoriurnU M tahun ajun 2003i2004S. iswa kelas V-A dibagi menjadi kelompok atas dan kelornpok bawah. sedangkan kelompok pembanding (konrol) dipilih sDN sumbenari IV alang dengan diterapkan pembelajaran tanpa modul. Tes diterapkan sebagai instunen pengumpuladna ta yang terlebih dahulu dilalokan uji validitas bltir soal reliabilitas -butir soal dan tingkat kesukaranb utir soal. Anatsis yang digrrnakan adalahte knik Anava satu arah yang sebelumnyad ilakukall uji normalitasd an uji homogenitas. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa hipotesisa lfiir terbukti yaitu (l) Ada perbedaayna ng sangats igrifikan terhadaph asil belajal antaras iswa kelompoka tas dengasni swak elompokb awahp adap embelajarand enganm odul ( 2) Ada perbedaan yangs ig nifikaann tarah asilb elajark elompoka tasp adap ernbelajaramno duld engan letompota tasp adap embelajaralna npam odul ( 3) Ada perbedaanya ng signifikan terhadip hasil belajar antara kelompok bawah pada pembelajaranm odul dengan kelompbkb awahp adap embelajaranta npam odul ( 4) Ada perbedaany ang sigrifikan terhadaph asil belajar antaras iswa pada pembelajaranm odul denganp embelajaran tanpam odul.H al ini berarti bahwap embelajarand enganm odul matematikak elas V di SD LaboratoritunU M lebih et-ektifb ila dibandingkaud enganp embelajalanta npa modul d enganh asilu ji efektifitasn ilai F1 6ul e bih besard aripadan ilai F66 1. Berdasarkanh asil penelitian d iharapkanp enelitiani ni dapatb ermanfaabt agi pembacay ang berkepentingante rutamak epadap ihak sekolaha gar penelitianin i dijadikand asarp ertimbanganm tuk penerapanp embelajaradne nganm odul pada birbagaim atapelajarans e laini tu bagi peneliti lain diharapkanh asil penelitianin i bisad ijadikans ebagadi asarp enelitiand an pengembangamno tlull ain sestradi engan matap elajarany angd iberikand i sekolah-sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |