Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara Bahasa Jerman tema Essen Und Trinken berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Antonietta Gizela Dethan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara Bahasa Jerman tema Essen Und Trinken berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Antonietta Gizela Dethan

Dethan, Antonietta Gizela (2017) Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara Bahasa Jerman tema Essen Und Trinken berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Antonietta Gizela Dethan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dethan Antonietta Gizela. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Tema Essen und Trinken Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Iwa Sobara S.Pd. M.A. Kata Kunci pengembangan instrumen penilaian kurikulum 2013 edisi revisi. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013 edisi revisi. Kurikulum 2013 edisi revisi adalah kurikulum 2013 yang telah direvisi tahun 2016 lalu. Instrumen penilaian yang dikembangkan adalah instrumen penilaian keterampilan berbicara bahasa Jerman pada tema Essen und Trinken. Subtema yang digunakan yaitu (1) Einkaufen (2) Bezahlung (3) im Restaurant bestellen dan (4) Mahlzeit. Materi tersebut diajarkan pada peserta didik kelas XI Semester Genap. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D). Metode penelitian yang digunakan adalah tiga tahap hasil modifikasi dari Sukmadinata. Sukmadinata memodifikasi sepuluh tahap penelitian milik Borg Gall. Tiga tahap tersebut yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Pengembangan Model dan (3) Uji Model. Validasi dilakukan oleh dua orang guru bahasa Jerman SMA Katolik St. Albertus Malang selaku validator. Subyek coba pada pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Lintas Minat Bahasa Jerman 2 SMA Katolik St. Albertus Malang yang berjumlah 25 orang. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuder-Richardson 21. Berdasarkan hasil penghitungan pada angket validasi oleh dua orang validator didapatkan hasil kelayakan instrumen penilaian yaitu 1 00. Angka tersebut berarti bahwa instrumen penilaian valid. Selain itu berdasarkan hasil penelitian instrumen penilaian ini layak digunakan pada tema lainnya karena penjelasan jelas dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item