Penerapan metode Listen! Search! Combine! (LSC) berbasis media teka-teki silang (TTS) untuk keterampilan menyimak siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 9 Malang / Adinda Syifa Khairunnisa Suryana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Listen! Search! Combine! (LSC) berbasis media teka-teki silang (TTS) untuk keterampilan menyimak siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 9 Malang / Adinda Syifa Khairunnisa Suryana

Suryana, Adinda Syifa Khairunnisa (2017) Penerapan metode Listen! Search! Combine! (LSC) berbasis media teka-teki silang (TTS) untuk keterampilan menyimak siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 9 Malang / Adinda Syifa Khairunnisa Suryana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryana Adinda Syifa Khairunnisa. 2017. Penerapan Metode Listen Search Combine (LSC) Berbasis Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas X Bahasa SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci Metode Listen Search Combine Teka-Teki Silang keterampilan menyimak. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan paling dasar atau awal dalam mempelajari bahasa karena itu keterampilan menyimak perlu diajarkan semenarik mungkin. Peneliti menggunakan metode Listen Search Combine (LSC) berbasis media Teka-Teki Silang untuk pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode LSC berbasis media TTS untuk keterampilan menyimak siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang dan memaparkan respon guru dan siswa terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah hasil observasi wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode LSC berbasis media TTS sangat menarik. Siswa merasa senang dan rileks karena pembelajaran dibuat seperti permainan sehingga tidak terasa seperti belajar. Siswa terlibat aktif dalam seluruh kegiatan pembelajaran. Penerapan metode LSC berbasis media TTS ini mendapat respon positif baik oleh guru maupun siswa (a) karena dapat membantu melatih keterampilan menyimak siswa (b) menambah kosakata bahasa Jerman (c) belajar bekerja sama dengan teman kelompok dan (d) membuat siswa bersemangat dan aktif saat belajar. Namun terdapat kendala pada saat pembelajaran berlangsung yaitu (a) siswa kehilangan potongan huruf (b) tidak terdengarnya suara speaker karena orang yang berlalu lalang dan (c) siswa membutuhkan waktu untuk membuka double tape. Metode LSC berbasis media TTS dapat menjadi alternatif metode dalam pembelajaran keterampilan menyimak ABSTRACT Suryana Adinda Syifa Khairunnisa. 2017. The implementation of Crossword-based LSC Method Media for Listening Skills of 10th Grade Student of Language Class at SMAN 9 Malang. Thesis German Department Faculty of Letters The State University of Malang. Advisor Dr. Rizman Usman M.Pd. Keywords Listen Search Combine Method Crosswords listening skills. Listening skill is the most basic skill or first step to learn the language. Therefor listening skill need to be taught interesting. Researcher using Crossword-based LSC Method Media for listening skill in Language class 10th of SMA N 9 Malang The purpose of this research is to describe the process of the use of Crossword-based LSC Method Media for listening skills of 10th grade student of Language Class at SMA N 9 Malang and describe the response of teacher and students on the application of the method. This research uses descriptive qualitative research. The data in this study is the result of observation interview and questionnaire. The result of this research shows that the application of Crossword-based LSC Method Media is very interesting. The students feel happy and relax because the learning was made like a game so it doesn t feel like being studied. Students are actively involved in all learning activities. The application of Crossword-based LSC Method Media received positive response from teacher and students because (a) can help students practice listening skills (b) increase their vocabulary (c) facilitates students to have collaborative work in groups and (d) make students enthusiasm and active to learn. On the contrary there are some obstacles happened during the learning process such as (a) student lost the word puzzle (b) the sounds are not well listened due to the outside class s disturbance and (d) students spent a lots time to use the equipment like for instance the double tape. Crossword-based LSC Method Media can be an alternative method in teaching listening skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12077

Actions (login required)

View Item View Item