Metode reciprocal teaching dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Madiun / Rian Andiesa Tiradea - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode reciprocal teaching dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Madiun / Rian Andiesa Tiradea

Tiradea, Rian Andiesa (2017) Metode reciprocal teaching dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Madiun / Rian Andiesa Tiradea. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tiradea Rian Andiesa. 2017. Metode Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M. A. Kata Kunci metode Reciprocal Teaching pembelajaran bahasa Jerman keterampilan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Madiun. Penelitian ini termasuk metode penelitian kualitatif karena penelitian ini untuk mendapat informasi dan mendeskripsikan secara teliti dalam menerapkan metode pembelajaran Reciprocal Teaching di dalam kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Madiun yang berjumlah 26 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan catatan lapangan dengan menggunakan instrumen yang berupa lembar observasi dan catatan lapangan. Metode Reciprocal Teaching ini menggunakan enam tahap dalam penerapannya meliputi 1) mengelompokkan siswa dan diskusi kelompok 2) membuat pertanyaan 3) menyajikan hasil kelompok 4) mengklarifikasi permasalahan 5) memberikan soal latihan dan 6) menyimpulkan materi yang dipelajari. Hasil penelitian dari penerapan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 3 Madiun menunjukkan bahwa seluruh siswa menjadi aktif dalam pembelajaran bahasa Jerman. Siswa dengan mudah mempelajari materi dengan cara berdiskusi dengan kelompok. Namun selain kelebihan dalam hasil penelitian ini ada juga kelemahan yang ditemukan yaitu situasi kelas cenderung gaduh karena siswa bekerja secara berkelompok dan pengajar hanya dapat memantau satu per satu maka siswa dapat mengobrol dengan teman sekelompoknya dengan leluasa saat pengajar tidak memantau kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item