Pengembangan media belajar mandiri lembar kerja mahasiswa berbasis android untuk matakuliah Telaah Pranata Masyuarakat Jerman 1 / Adilah Vicky Fauziyyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media belajar mandiri lembar kerja mahasiswa berbasis android untuk matakuliah Telaah Pranata Masyuarakat Jerman 1 / Adilah Vicky Fauziyyah

Fauziyyah, Adilah Vicky (2017) Pengembangan media belajar mandiri lembar kerja mahasiswa berbasis android untuk matakuliah Telaah Pranata Masyuarakat Jerman 1 / Adilah Vicky Fauziyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziyyah Adilah Vicky. 2016. Pengembangan Media Belajar Mandiri Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Android untuk Matakuliah Telaah Pranata Masyakat Jerman 1. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci lembar kerja android belajar mandiri Dalam hal mempelajari bahasa seseorang tidak akan terlepas dari pembelajaran budaya. Pentingnya pengetahuan tentang budaya dalam belajar bahasa dialami mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Univeristas Negeri Malang. Mahasiswa dituntut untuk belajar tentang budaya yang difasilitasi dengan matakuliah Landeskunde 1. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa baru angkatan 2015 semester I diketahui bahwa materi pada Matakuliah Landeskunde 1 tergolong cukup sulit. Secara umum mahasiswa mencari informasi dari internet. Permasalahannya adalah pencarian sumber dari internet belum tentu akurat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan memberikan solusi alternatif denganmengembangkan lembar kerja mahasiswa berbasis android untuk matakuliah Landeskunde 1 sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa. Tahapan penelitian dan pengembangan mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick Carey (1978). Subjek uji coba dilakukan kepada 1 ahli materi 1 ahli media 1 praktisi pembelajaran dan 23 mahasiswa dengan meneliti kualitas dan kelayakan media pembelajaran berupa lembar kerja mahasiswa berbasis android melalui angket. Data yang terkumpul akan dianalisis untuk mengetahui penilaian dari produk dengan cara 1) mengubah penilaian kualitatif menjadi kuantitatif 2) menghitung rata-rata skor tiap indikator dan 3) menginterpretasikan secara kualitatif jumlah rerata skor tiap aspek. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi media mendapatkan nilai persentase 90 28% penilaian oleh ahli media media mendapatkan nilai persentase 84 21% penilaian oleh praktisi pembelajaran media mendapatkan nilai persentase 83 33% dan penilaian oleh mahasiswa sejumlah 23 orang media mendapatkan nilai persentase 83 57% sehingga secara umum termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Secara umum LKM ini memiliki kelebihan sebagai media pembelajaran karena merupakan inovasi terbaru media pembelajaran Matakuliah Landeskunde 1 yang mengunakan teknologi android dan sangat berpeluang untuk dikembangkan sesuai dengan perkembangan IPTEK.Sedangkan kekurangan media ini harus menggunakan emulator Android seperti YouWave atau BlueStackssaat ditampilkan di depan kelas melalui laptop. Jika spesifikasi laptop rendah maka emulator akan berjalan tidak lancar dan menyebabkan laptop menjadi hang. Secara umum peneliti menyarankanagar media pembelajaran inidapat dikembangkan lebih lanjut dari segi smartphone yang dapat di install pada semua sistem operasi selain Android yaitu Iphone Operating System Windows Phone dan Blackberry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item