Penerapan metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek / Widya Adistia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek / Widya Adistia Putri

Putri, Widya Adistia (2017) Penerapan metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek / Widya Adistia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Widya Adistia. 2016. Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A Kata Kunci metode pembelajaran pembelajaran bahasa asing kosakata metode Total Physical Response (TPR) Metode merupakan suatu strategi yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode yang tepat akan sangat berpengaruh pada ketercapaian suatu tujuan pembelajaran. Metode tidak hanya berfungsi sebagai cara dalam menyampaikan materi pembelajaran namun juga sebagai motivasi untuk mendorong peserta didik lebih aktif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran bahasa terdapat berbagai macam metode yang dapat digunakan salah satunya adalah metode Total Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response (TPR) adalah metode pembelajaran bahasa yang penerapannya dengan cara merespon kalimat perintah melalui aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pemahaman kosakata bahasa Jerman peserta didiksebelumdan setelah penerapan metode Total Physical Response (TPR) mengetahui hasil penerapan metode Total Physical Response (TPR) dan mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan metode Total Physical Response (TPR). Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatif. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017 yang mengikuti mata pelajaran bahasa Jerman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Samplingdengan memilih satu kelas yaitu kelas XI IPS 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik termotivasi dan sangat antusias dalam belajar dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR). Dilihat dari hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai pada postes. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Total Physical Response (TPR)dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jerman peserta didik. Selain meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jerman peserta didik secara tulis metode Total Physical Response (TPR)juga mampu memberi motivasi secara tidak langsung kepada peserta didik untuk berinteraksi menggunakan bahasa Jerman dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item