Penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada mata kuliah Literaturgeschichte di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nurul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada mata kuliah Literaturgeschichte di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nurul Khasanah

Khasanah, Nurul (2017) Penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada mata kuliah Literaturgeschichte di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Nurul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Nurul. 2016. PenerapanMetodePembelajaran Everyone Is A TeacherpadaMata KuliahLiteraturgeschichtedi JurusanSastraJermanUniversitasNegeri Malang. Skripsi JurusanSastraJerman FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing IwaSobara S.Pd. M.A. Kata Kunci MetodePembelajaran MetodeDiskusi Everyone Is A Teacher Here Literaturgeschichte Metodepembelajaranmerupakancara yang digunakanolehpengajardalamsebuah proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran pengajarmembutuhkanmetodepembelajaran yang tepat agar materidapattersampaikandenganbaik sehinggatujuanpembelajaranakantercapai. Namun padakenyataannyatidaksemuametodepembelajarandapatmembuatmahasiswaterlibataktifdalam proses pembelajaran. Olehkarenaitu penelitimenerapkanmetodepembelajaranEveryone Is A Teacher Here padamatakuliahLiteraturgeschichtesebagaisalahsatumetodepembelajaranaktif. Metode tersebut mampu mengaktifkan pikiran mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Dalam penerapannya mahasiswa melontarkan sebuah pertanyaan dan memberikan jawaban terkait dengan materi yang sedang dipelajari kemudian proses tanya-jawab diakhiri dengan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada mata kuliah Literaturgeschichte di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dan mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa kelas B angkatan 2014 yang berjumlah 14 orang. Data penelitian diambil melalui beberapa instrumen penelitian yaitu instrumen utama berupa lembar observasi dan lembar kuesioner mahasiswa dan instrumen pendukung berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Herepada mata kuliah Literaturgeschichte berjalan dengan baik. Metode pembelajaran ini dapat membuat mahasiswa aktif dan antusias dalam proses perkuliahan. Metode tersebut juga mampu membantu meningkatkan pemahaman mahasiwa terhadap materi perkuliahan yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item