Penerapan metode paired storytelling pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2014 Universitas Negeri Malang matakuliah Konversation I / Alfi Dionur Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode paired storytelling pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2014 Universitas Negeri Malang matakuliah Konversation I / Alfi Dionur Putri

Putri, Alfi Dionur (2016) Penerapan metode paired storytelling pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2014 Universitas Negeri Malang matakuliah Konversation I / Alfi Dionur Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Alfi Dionur. 2016. Penerapan Metode Paired Storytelling pada Mahasiswa Sastra Jerman Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang dalam Matakuliah Konversation I. Skripsi Progam Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M. Pd. Kata kunci Metode pembelajaran Paired Storytelling Konversation I respon mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa jurusan Sastra Jerman angkatan 2014 dan observasi di kelas Konversation I salah satu keterampilan berbahasa yang paling sulit bagi mahasiswa adalah keterampilan berbicara. Dalam perkuliahan tersebut digunakan metode presentasi dan dilanjutkan dengan berlatih berbicara secara sukarela sesuai dengan tema. Dengan menggunakan metode tersebut tidak semua mahasiswa aktif dalam berlatih berbicara bahasa Jerman. Oleh karena itu peneliti memiliki gagasan untuk menerapkan metode Paired Storytelling. Metode ini mengharuskan semua mahasiswa aktif dalam perkuliahan dan dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan lebih untuk melatih berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Paired Storytelling dalam matakuliah Konversation I dan memaparkan respon mahasiswa terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mennggunakan teknik observasi kuesioner wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 29 orang mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2014. Hasil penelitian yang didapat adalah melalui metode Paired Storytelling mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2014 lebih aktif dalam melatih kemampuan berbicara bahasa Jerman mereka. Respon dari mahasiswa terhadap penerapan metode Paired Storytelling positif. Semua mahasiswa antusias dan terbantu dengan penerapan metode Paired Storytelling dalam berlatih berbicara bahasa Jerman. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner dari keseluruhan 319 jumlah jawaban dalam kuesioner 261 jawaban positif dari mahasiswa. Data ini juga diperkuat dengan hasil wawancara dengan mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa metode ini cocok digunakan dalam matakuliah Konversation I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item