Pengembangan media pembelajaran "Hallo, Deutschland!" untuk matakuliah telaah pranata masyarakat Jerman II / Kartika Rachma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "Hallo, Deutschland!" untuk matakuliah telaah pranata masyarakat Jerman II / Kartika Rachma Wardhani

Wardhani, Kartika Rachma (2016) Pengembangan media pembelajaran "Hallo, Deutschland!" untuk matakuliah telaah pranata masyarakat Jerman II / Kartika Rachma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Kartika Rachma. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Hallo Deutschland Berbasis Autoplay untuk Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran Hallo Deutschland TPMJ II Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran Hallo Deutschland berbasis Autoplay untuk matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II (TPMJ II). Produk yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan alternatif dalam variasi pembelajaran matakuliah TPMJ II. Media pembelajaran berbasis Autoplay ini dapat dijalankan secara offline. Media pembelajaran tersebut berisi informasi mengenai perumahan dan lingkungan hidup di Jerman. Pada materi perumahan terdiri dari tiga materi mengenai perumahan untuk keluarga perumahan untuk mahasiswa dan informasi lain yang berisikan contoh formulir sewa Studentenwohnheim. Pada pembahasan lingkungan hidup terdapat materi mengenai pembagian sampah. Selain itu media pembelajaran ini juga memiliki Quiz yang memiliki 8 pertanyaan. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model desain pengembangan pembelajaran Sugiyono. Prosedur yang dilakukan melalui 6 langkah yang meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain dan uji coba produk. Sebelum uji produk media divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi.Uji coba dilakukan pada mahasiswa yang mengikuti matakuliah TPMJ II. Data diperoleh melalui angket tertutup dan dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil pengembangan menunjukan bahwa media pembelajaran Hallo Deutschland mendapatkan hasil rata-rata 84 8% dan dinyatakan sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Hallo Deutschland layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada matakuliah TPMJ II dan diduga dapat memotivasi mahasiswa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item