Pengembangan media pembelajaran teka teki saku berbasis android untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada tema schule siswa kelas X-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Kiki Wahyu Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran teka teki saku berbasis android untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada tema schule siswa kelas X-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Kiki Wahyu Rosita

Rosita, Kiki Wahyu (2016) Pengembangan media pembelajaran teka teki saku berbasis android untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada tema schule siswa kelas X-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Kiki Wahyu Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosita KikiWahyu. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Saku Berbasis Android untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman pada Tema Schule Siswa Kelas X-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata Kunci Media Pembelajaran Android Teka Teki Saku kosakata. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Teka Teki Saku berbasis Android untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada tema Schule kelas X-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan hasil modifikasi dari model pengembangan pembelajaran Borg dan Gall. Prosedur yang dilakukan melalui tujuh langkah yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) produksi media pembelajaran (4) uji coba ahli (5) revisi hasil uji ahli (6) uji coba lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk akhir. Sebelum uji coba lapangan dilaksanakan media diuji cobakan terlebih dahulu kepada dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba lapangan dilakukan pada kelas X-IBB yang berjumlah 20 siswa. Data diperoleh dari hasil angket ahli media ahli materi serta hasil lembar observasi oleh observer. Di dalam media pembelajaranyang dikembangkan terdapat empat level setiap level berbeda jenis permainannya. Level pertama yaitu mengisi teka teki dengan bantuan gambar level kedua mencocokan nama jadwal pelajaran dan hari yang benar yang ketiga yaitu mencari kata sifat dalam tabel dan yang keempat mengisi surat yang rumpang. Dari keempat level tersebut terdapat bantuan gambar dengan warna dan variasi yang berbeda. Hasil dari uji ahli media dan ahli materi media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan revisi karena ada beberapa bagian yang harus diperbaiki sebelum diujicobakan. Hasil uji coba terhadap siswa kelas X-IBB menunjukkan bahwa siswa merasa sangat antusias dengan adanya media pembelajaran ini dan sangat mudah dalam penggunaannya sehingga media ini sangat membantu dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman khususnya pada tema Schule. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item