Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan tema Alltagsleben untuk pembelajaran kosakata dan keterampilan menyimak di SMAN 7 Malang / Salfinea Lailatul Mareta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan tema Alltagsleben untuk pembelajaran kosakata dan keterampilan menyimak di SMAN 7 Malang / Salfinea Lailatul Mareta

Mareta, Salfinea Lailatul (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan tema Alltagsleben untuk pembelajaran kosakata dan keterampilan menyimak di SMAN 7 Malang / Salfinea Lailatul Mareta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mareta Salfinea Lailatul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Tema Alltagsleben untuk Pembelajaran Kosakata dan Keterampilan Menyimak Di SMAN 7 Malang. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata kunci media pembelajaran Alltagsleben kosakata menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android dengan tema Alltagsleben untuk pembelajaran kosakata dan keterampilan menyimak di sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil modifikasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Prosedur yang dilakukan melalui tujuh tahap yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk uji ahli revisi uji ahli uji lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini menghasilkan media berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada Smartphone Android dengan nama aplikasi Lern Deutsch . Aplikasi ini terdiri dari 4 bagian yaitu materi latihan biografi dan sumber referensi yang digunakan. Bagian pokok terdiri dari materi dan latihan soal. Pada materi terbagi menjadi dua yaitu materi kosakata dan materi menyimak. Pada latihan soal terbagi menjadi dua yaitu untuk kosakata dan menyimak. Untuk soal menyimak terdapat enam bagian. Masing masing berisikan tiga hingga empat butir soal. Soal latihan dilengkapi dengan respon jawaban. Setelah selesai menjawab siswa dapat mengetahui secara langsung apakah jawaban yang diberikan sudah benar atau tidak sehingga media ini dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri. Media ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 yang dikemas praktis berupa aplikasi untuk Android. Data hasil penelitian ini berupa data kualitatif. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini berupa angket dari uji ahli yaitu ahli materi dan ahli media serta hasil observasi uji coba lapangan pada siswa. Produk ini telah melalui tahap validasi oleh dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi yakni dosen sastra Jerman. Aplikasi ini telah diujicobakan kepada siswa SMAN 7 Malang. Berdasarkan validasi uji ahli media media yang telah dikembangkan dinilai valid dengan sedikit revisi. Sementara itu hasil penilaian dari ahli materi sangat valid namun ada beberapa materi yang perlu ditambahkan sebelum media digunakan. Hasil uji coba dalam observasi yang dilakukan kepada sepuluh orang siswa menunjukkan bahwa media ini menarik bagi siswa. Siswa menjadi lebih semangat belajar bahasa Jerman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item View Item