Penulisan avenidas dalam keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Rizki Indah Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penulisan avenidas dalam keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Rizki Indah Pertiwi

Pertiwi, Rizki Indah (2016) Penulisan avenidas dalam keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Rizki Indah Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Rizki Indah. 2016. Penulisan Avenidas dalam Keterampilan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudy Syafruddin S.S. M.A. Kata Kunci Avenidas keterampilan menulis Siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Malang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran bahasa Jerman khususnya pada keterampilan menulis. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman kosakata siswa dan kurangnya metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis. Berdasarkan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penulisan Avenidas pada tema kehidupan sekolah dalam keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data hasil observasi data hasil dokumentasi tulisan siswa dan hasil wawancara dengan siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi pedoman wawancara serta dokumentasi. Sumber data adalah seluruh siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan metode menulis kreatif Avenidas (2) siswa dapat membuat puisi pendek menggunakan metode menulis kreatif Avenidas (3) siswa dapat menuangkan ide yang dimiliki dengan cara yang baru dengan mudah dan sederhana meskipun siswa masih mengalami beberapa kesulitan dan melakukan kesalahan dalam penulisannya. Berdasarkan penelitian ini pengajar bahasa Jerman disarankan untuk menerapkan metode menulis kreatif Avenidas sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa sehingga mampu mengatasi kesulitan siswa dalam kegiatan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item View Item