penerapan metode PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dalam pembelajaran menyimak bahasa jerman kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang / Maria Leny Pratiwi

Pratiwi, Maria Leny (2016) penerapan metode PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dalam pembelajaran menyimak bahasa jerman kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang / Maria Leny Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi, Maria Leny. 2016. Penerapan Metode PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: M. Kharis, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Metode PORPE, Pembelajaran, Menyimak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan metode PORPE dalam pembelajaran menyimak kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di SMAN 1 Lawang. Data penelitian ini adalah hasil observasi, kuisioner, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode PORPE terlaksana sesuai RPP yang telah disusun peneliti. Siswa terlibat aktif dalam setiap tahap metode PORPE, yaitu pada fase Predict, Organize, Rehearse, Practice, dan Evaluate. Berdasarkan hasil nilai Mind Map dan karangan siswa yang telah dikonversikan dalam bentuk predikat dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa dapat memahami isi bahan simakan. Penerapan metode ini membutuhkan waktu 3 jam pelajaran (3x45 menit). Oleh karena itu, guru harus memperhatikan alokasi waktu, agar tujuan pembelajaran menyimak dapat tercapai dengan maksimal dan proses pembelajaran dapat terlaksana secara efisien. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode PORPE dapat membantu siswa dalam pembelajaran menyimak, yaitu untuk lebih mudah memperoleh informasi dan memahami isi maupun pesan yang terdapat dalam bahan simakan. Oleh karena itu, metode PORPE dapat menjadi salah satu metode alternatif dalam pembelajaran menyimak bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12041

Actions (login required)

View Item View Item