Penerapan model pembelajaran kooperatif jot thought untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Ade Sindy Isnaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif jot thought untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Ade Sindy Isnaeni

Isnaeni, Ade Sindy A (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif jot thought untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Ade Sindy Isnaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnaeni Ade Sindy. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jot Thought untuk Keterampilan Berbicara Siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran Jot Thought keterampilan berbicara Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa. Keterampilan tersebut bersifat produktif sehingga dalam pembelajaran keterampilan tersebut diperlukan variasi agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Berdasarkan pengamatan selama Praktek Pengalaman Lapangan siswa menemui berbagai kesulitan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi model pembelajaran karena itu dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang menarik agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membantu siswa adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Jot Thought untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Jot Thought untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Jot Thought guru bahasa Jerman dan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang dengan jumlah 19 siswa. Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jot Thought sedangkan pedoman wawancara digunakan untuk mengetahui respon guru dan siswa terkait penerapan model pembelajaran Jot Thought. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jot Thought dapat menjadikan siswa aktif dalam berbicara sesuai dengan materi yang diajarkan. Siswa juga terlihat semangat dan tertarik dengan model pembelajaran tersebut. Hal tersebut dibuktikan dangan hasil observasi dan hasil wawancara yang menunjukkan keaktifan dan ketertarikan siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jot Thought dapat dijadikan suatu alternatif atau variasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam keterampilan berbicara agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item