Penerapan metode worter schnappen untuk keterampilan mendengar bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMA Negeri 1 Kepanjen / Enggar Kusuma Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode worter schnappen untuk keterampilan mendengar bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMA Negeri 1 Kepanjen / Enggar Kusuma Ningtyas

Ningtyas, Enggar Kusuma (2016) Penerapan metode worter schnappen untuk keterampilan mendengar bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMA Negeri 1 Kepanjen / Enggar Kusuma Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningtyas Enggar Kusuma. 2016. Penerapan Metode W rter Schnappen untuk Keterampilan Mendengar Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Desti Nur Aini S.S. M.Pd. Kata kunci metode pembelajaran W rter Schnappen keterampilan mendengar Pembelajaran keterampilan mendengar bahasa Jerman di kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Kepanjen sangatlah kurang. Mendengar merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sulit dipelajari oleh siswa. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan mendengar. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode W rter Schnappen. Metode W rter Schnappen merupakan metode yang tepat untuk melatih kegiatan mendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode W rter Schnappen pada keterampilan mendengar bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 32 siswa. Data pada penelitian ini adalah hasil observasi hasil angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi angket dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk untuk mengetahui penerapan metode W rter Schnappen sedangkan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode tersebut dan juga untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari metode W rter Schnappen. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode W rter Schnappen berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil observasi dokumentasi dan angket diketahui bahwa metode W rter Schnappen menumbuhkan ketelitian semangat dan konsentrasi siswa ketika mendengar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian. Pembelajaran keterampilan mendengar bahasa Jerman dengan menggunakan metode W rter Schnappen pada siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Kepanjen berlangsung dengan baik dan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Metode W rter Schnappen dapat menjadi metode alternatif dalam pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item