Pengembangan kamus mini bahasa Jerman bergambar sebagai penunjang pembelajaran kosakata TK Adademika Sawojajar Malang / Nanik Mahiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kamus mini bahasa Jerman bergambar sebagai penunjang pembelajaran kosakata TK Adademika Sawojajar Malang / Nanik Mahiroh

Mahiroh, Nanik (2016) Pengembangan kamus mini bahasa Jerman bergambar sebagai penunjang pembelajaran kosakata TK Adademika Sawojajar Malang / Nanik Mahiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahiroh Nanik. 2016. Pengembangan Kamus Mini Bahasa Jerman Bergambar sebagai Penunjang Pembelajaran Kosakata siswa TK Akademika Sawojajar Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Iwa Sobara S.Pd. M.A. Kata Kunci pengembangan kamus bergambar pembelajaran kosakata Kamus merupakan suatu alat bantu untuk belajar yang memuat daftar kata atau gabungan kata yang disusun berdasarkan urutan alfabetis yang diberikan makna penggunaannya serta cara mengejanya. Dalam pembelajaran bahasa asing kegunaan kamus sangatlah penting. Kamus dapat mempermudah siswa memperoleh makna kata terjemahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kamus bergambar untuk siswa Taman Kanak-kanak (TK) yang berisi kosakata yang disajikan bukan hanya dalam makna terjemahnya saja tetapi juga divisualisasikan dengan gambar. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat lebih berpikir konkret dan membantu mempermudah proses ingatan siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi oleh pengembang. Prosedur pengembangan dilakukan dalam tujuh tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) revisi produk dan (7) produksi massal. Uji validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kevalidan oleh ahli materi secara keseluruhan mendapat nilai kualifikasi cukup valid dan hasil yang diperoleh dari ahli media mendapat nilai kualifikasi valid. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kamus mini bahasa Jerman bergambar dapat digunakan dengan memerlukan sedikit revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item