Penerapan media podcast untuk keterampilan menyimak pada matakuliah deutsch II bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Siti Nora Murtasia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media podcast untuk keterampilan menyimak pada matakuliah deutsch II bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Siti Nora Murtasia

Murtasia, Siti Nora (2016) Penerapan media podcast untuk keterampilan menyimak pada matakuliah deutsch II bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Siti Nora Murtasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murtasia Siti Nora. 2016. Penerapan Media Podcast untuk Keterampilan Menyimak dengan Tema K rper und Gesundheit pada Matakuliah Deutsch II Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata Kunci menyimak media pembelajaran Podcast Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Jerman. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti sebagian besar mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam menyimak. Salah satunya adalah mahasiswa sulit untuk memahami informasi yang diperdengarkan melalui CD (Compact Disc) pada bahan ajar Studio Deutsch A1/A2 dikarenakan penutur asli bahasa Jerman terlalu cepat dalam menuturkan bahasa Jerman. Media Podcast adalah media yang diterapkan pada mahasiswa offering AA 2015 untuk membantu mahasiswa dalam melatih keterampilan menyimak bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media Podcast untuk Keterampilan Menyimak dengan Tema K rper und Gesundheit pada Matakuliah Deutsch II dan untuk mengetahui respon mahasiswa offering AA 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang terhadap penerapan media tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Offering AA 2015 yang berjumlah 25 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan media Podcast untuk keterampilan menyimak dengan Tema K rper und Gesundheit pada matakuliah Deutsch II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama serta pedoman lembar observasi lembar kuesioner dan lembar tes sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Podcast untuk keterampilan menyimak dengan tema K rper und Gesundheit pada matakuliah Deutsch II berjalan dengan baik. Sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Hal ini terjadi karena mahasiswa kurang memahami materi yang berisi informasi dalam media Podcast namun hal tersebut tidak menghambat jalannya penelitian. Data-data yang dianalisis juga menunjukkan bahwa respon sebagian besar mahasiswa tertarik untuk melatih keterampilan menyimak bahasa Jerman menggunakan media Podcast. Selain itu mahasiswa juga termotivasi untuk melatih keterampilan menyimak disebabkan media Podcast praktis dan mudah digunakan serta tidak memerlukan perangkat yang rumit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item